Saat pension, seseorang tidak lagi menjalankan pekerjaan seperti biasanya di usia produktif. Karena produktivitas sudah mulai menurun, maka estafet pekerjaan berlanjut ke generasi berikutnya. Yang perlu menjadi perhatian bahkan sejak muda adalah bagaimana persiapan pesiun itu.

Mengapa persiapan pensiun perlu dilakukan sejak muda? Karena pesiapan pension itu tidak bisa dilakukan dalam waktu singkat. Ada banyak persiapan yang harus dilakukan agar masa pensiun Anda berjalan dengan tenang. Lalu sudah tepatkah langkah Anda menghadapi masa pension? Perhatikan list berikut.

 

Kondisi Finansial saat Pensiun

Untuk memastikan bahwa persiapan pensiun yang Anda lakukan sudah tepat, lakukan antisipasi, khususnya dalah hal finansial. Mengingat begitu banyak alokasi dana, buat prioritas tentang pos mana yang harus dibiayai lebih dulu. Apalagi kalau Anda dan keluarga memiliki banyak alokasi pengeluaran seperti tabungan pendidikan anak, asuransi, cicilan, dan sebagainya. Yang penting segeralah kurangi utang-utang Anda. Bayarlah berbagai kewajiban bayar utang itu secepat mungkin.

 

Miliki Aset yang Bernilai Jual Tinggi di Masa Depan

Salah satu langkah antisipasi agar masa pensiun bisa dihadapi dengan tenang adalah ketika sudah memiliki asset  yang berharga. Contoh asset berharga ini adalah emas sebagai suatu logam mulia yang punya nilai jual lebih besar di masa depan. Bagaiman dengan kendaraan? Kendaraan memang termasuk asset tapi nilai jualnya tidak meningkat di masa depan.

 

Sisihkan 10% – 15% dari Penghasilan Anda

Banyak ahli di bidang keuangan yang memberi rekomendasi untuk selalu menyisihkan minimal 10% dari penghasilan. Bahkan Anda bisa menyisihkan 15% dari pendapatan agar mendapatkan masa pensiun yang lebih ‘aman’. Bagaimana pun kondisinya, Anda harus selalu berusaha menyisihkan sebagian dari penghasilan rutin ke dalam tabungan. Tabungan ini bisa mungkin bisa dimanfaatkan saat ada kebutuhan mendadak.

 

Coba Tekuni Hobi Anda Lagi

Apa hubungannya masa pension dengan hobi? Kita tahu bahwa hobi akan menjadi aktivitas positif yang bisa mengatasi kebosanan saat tidak lagi bekerja. Bahkan, bila Anda mampu menjadi ahli di dalam hobi tersebut, aktivitas menyenangkan itu akan menjadi sumber pendapatan baru di masa pensiun. Itulah langkah-langkah untuk mempersiapkan masa pensiun. Anda sudah melakukan yang mana?

Jika Anda berminat untuk mengikuti seminar persiapan masa pensiun silahkan hubungi kontak person dengan klik tombol dibawah ini :

whatsapp

 

Terkait : Pelatihan pensiun dini, Pelatihan persiapan masa pensiun, pelatihan pensiun terbaik, pelatihan masa pensiun Indonesia.

 

Halo sahabat bisnis, ikuti seminar kami:

30 Oktober 2018 di Novotel Hotel Solo

Rahasia Besar Jualan Jaman Now

INFO : 08112652244

DAFTAR YUK !!

 

 

Halo sahabat bisnis, ikuti seminar kami:

30 Oktober 2018 di Novotel Hotel Solo

Rahasia Besar Jualan Jaman Now

INFO : 08112652244

DAFTAR YUK !!