Memahami Keinginan Konsumen melalui Body Language-nya

 

Ada sekian banyak jalan untuk menjadi sukses, dan kesuksesan itu bisa dimulai dari langkah-langkah kecil. Salah satu langkah kecil itu adalah dengan mengubah sikap dan pembawaan diri ketika berinteraksi dengan orang lain. Begitu juga dengan masalah keberhasilan dalam melakukan penjualan.

Untuk lebih maksimal dalam melakukan penawaran adalah dengan melihat apa yang diinginkan konsumen melalui bahasa tubuhnya.

 

Bagaimana Body Language Bekerja?

Bahasa tubuh atau sering disebut body language, ternyata menyumbang sebagian besar kesuksesan dalam penjualan. Hal pertama yang harus dilakukan adalah ketulusan dalam memberikan informasi produk dan menjelaskan detail produk.

Dengan merubah semua pikiran bahwa kita melakukan semuanya demi kebaikan prospek, maka kita akan memiliki ketulusan yang tinggi. Ketulusan ini yang akan menolong kita tetap tegar saat ditolak sekalipun.

Setiap percakapan yang dijalin antara dua orang atau lebih itu sebenarnya tidak hanya memunculkan kata-kata, tapi juga bahasa tubuh (body language). Bahkan bahasa tubuh bisa menjelaskan lebih baik apa yang akan diungkapkan. Penting bagi kita untuk lebih memahami orang di sekitar kita, baik teman, keluarga, rekan kerja, ataupun konsumen pada bisnis yang dijalankan.

 

‘Membaca’ Ekspresi Wajah

Posisi kepala tidak ragu mengangguk untuk menandakan setuju. Kepala miring ke samping yang memberi sinyal tunduk. Bahkan memperlihatkan tenggorokan dan leher, yang menunjukkan rasa ingin tahu atau antusias.

 

Apa Maksud dari Gerakan Lengan?

Lengan di pinggang atau sedikit terselip di dalam saku dengan posisi ibu jari menunjuk ke depan adalah sikap ingin tahu dan juga tertarik akan sesuatu. Lengan dalam posisi beristirahat di atas perut menandakan bahwa kita dalam posisi santai dan terbuka.

 

Atur Posisi Kaki

Posisi kaki yang berat, kaki di salah satu pinggul bergeser dan kaki yang mengarah ke speaker merupakan ekspresi yang menunjukkan daya tarik atau minat untuk mendengarkan. Dalam posisi duduk, posisi kaki netral dan tidak terlalu banyak menyebar atau terpisah, juga tidak menyentuh lutut satu sama lainnya, menandakan bahwa diri kita sedang dalam keadaan santai dan menikmati suasana.

Demikianlah beberapa bahasa tubuh yang bisa menjadi pelajaran buat para penjual ketika menawarkan suatu produk entah barang atau jasa.

Jika Anda ingin meningkatkan kemampuan dalam memahami konsumen, ikuti Seminar Bisnis dari IbizCOACH ‘Marketing Transformation’ pada tanggal 18 Juli 2018 di Novotel Solo. Info lebih lanjut hubungi 08112652244.

Halo sahabat bisnis!

Ada seminar hari Selasa,

Tanggal 24 September 2018.

Seminar apa ya?

Align Couple For Business.

Seminar khusus suami-istri.

Seat Terbatas. Daftar Yuk!

Halo sahabat bisnis!

Ada seminar hari Selasa,

Tanggal 24 September 2018.

Seminar apa ya?

Align Couple For Business.

Seminar khusus suami-istri.

Seat Terbatas. Daftar Yuk!