Beginilah Cara Memberikan First Impression yang Baik Saat Interview di Depan HRD

Sejauh ini, sudah berapa kali Anda mengikuti wawancara (interview) kerja? Khususnya jika Anda masih berstatus lulusan baru (fresh graduate), maka wawancara kerja adalah hal yang sudah biasa. Di manapun tempat perusahaan yang dituju itu, tips-tips wawancara tetaplah sama. Beginilah cara untuk memberikan kesan pertama (first impression) yang baik saat wawancara kerja.

 

Jangan Menceritakan tapi Tunjukkan

Don’t tell but show. Apa maksudnya? Sebaiknya Anda jangan terlalu banyak menceritakan hal-hal yang tak relevan tentang pekerjaan yang dituju. Misalnya Anda adalah lulusan sastra Indonesia yang sangat menguasai bidang video editing. Tidak perlu menceritakan, tapi cukup jelaskan bahwa (misal) Anda pernah membuat film pendek atau karya lain yang terkait dengan keahlian Anda itu.

 

Bersikap Tenang

Untuk menjalani wawancara kerja dengan lancar, yang pertama dibutuhkan adalah sikap tenang. Tak jarang bahwa rasa gugup dapat membuyarkan konsentrasi, sedangkan sikap tenang adalah cerminan hati dan pikiran yang siap. Gugup itu adalah keniscayaan, namun dengan bersikap tenang, semua bisa diatasi. Sikap tenang saat wawancara ini juga penting untuk menghadapi semua pekerjaan nantinya.

 

Menjaga Penampilan

Penampilan dalam dunia kerja lebih dari sekedar busana. Salah satu aspek yang menjadi perhatian HRD adalah soal berpenampilan. Tapi harus diakui bahwa banyak pencari kerja justru mengabaikan poin ini. Cara mereka dalam memilih warna pakaian yang dikenakan.

 

Menjawab dengan Percaya Diri

“Apa kelebihan Anda?” pertanyaan tersebut adalah hal yang biasa dilontarkan oleh pewawancara. Soal kelebihan, Anda bisa memulai dengan riwayat pencapaian di pekerjaan sebelumnya (jika sudah pernah bekerja). Tak ada salahnya untuk menceritakan pencapaian yang membanggakan. Jangan ragu untuk bercerita lebih detil mengenai pencapaian-pencapaian sebelumnya. Tunjukkan bahwa Anda adalah orang yang solutif pada setiap permasalahan yang terjadi di sekitar.

 

Jadilah Proaktif

Jika pewawancara memberi kesempatan untuk bertanya tentang hal-hal terkait dengan posisi pekerjaan yang mungkin akan Anda dapatkan, pastikan Anda bertanya suatu hal yang berkualitas. Pihak HRD tentu bisa menilai bahwa apa yang Anda tanyakan menunjukkan bahwa Anda adalah individu yang cepat tanggap. Maka dari itu, Anda perlu melakukan riset tentang perusahaan tersebut sebelum wawancara.