Membuat Target Pribadi yang SMART

 

Mencapai target tidaklah mudah. Tidak ada yang tahu pasti apakah sebuah strategi yang diupayakan bisa efektif untuk mewujudkan target. Tapi kabar baiknya, ada sekian banyak tips dan cara yang bisa dipraktikkan dan bisa dipelajari secara langsung. Bagaimana melakukannya? Kita tak bisa terus-menerus menyimpan rencana hanya dalam kepala, melainkan harus menjabarkannya secara rinci menjadi tindakan realistis. Ini berlaku untuk hal pribadi maupun profesional.

 

Target yang SMART dan Bermakna

Terlepas dari ‘apa targetnya’, alasan ‘mengapa itu penting’ juga perlu dipikirkan. Lalu tentukan prioritas dan cara mencapainya. Penetapan prioritas adalah hal yang penting. Hal ini membantu kita memfokuskan usaha pada hal yang mendekatkan ke tujuan. Ketika menetapkan target di awal tahun (misalnya), Anda perlu memastikan bahwa itu adalah tujuan SMART (Specific, Measurable, Action oriented, Realistic, Time bound ). Artinya, secara berurutan, target tersebut harus, spesifik, terukur, berorientasi pada aksi, realistis, dan memiliki batas waktu . Target yang ditetapkan juga harus bermakna. Itu sudah pasti, karena kalau tidak bermakna buat apa dijadikan target?

 

Menyusun rencana untuk mencapainya

Untuk mencapai setiap tujuan, kita harus berkomitmen untuk serangkaian tindakan. Sebuah target atau life goals tanpa rencana tindakan, bagaimana mungkin akan terjadi? Ketika target tersebut terkait dengan orang lain, katakanlah tim perusahaan, Anda dapat menggunakan pengalaman dan pengetahuan untuk didiskusikan dengan partner Anda.

 

Dua Syarat Ini Harus Dipenuhi

Syarat pertama adalah menetapkan tujuan, lebih spesifiknya: memutuskan apa yang Anda inginkan. Syarat kedua adalah menentukan ‘harga yang harus dibayar’ untuk mendapatkannya, dan kemudian menyelesaikan pembayaran atas harga tersebut. Kebanyakan orang belum sampai ke titik tersebut.

Ketika kita menyelesaikan setiap satu langkah, kita akan membuat langkah atau tindakan berikutnya yang diperlukan secara tepat waktu. karena itu kita perlu menetapkan batas waktu yang wajar dalam mencapai target. Sebuah rencana akan akan memberikan kendali yang lebih baik atas hidup Anda sendiri, dan Anda akan membuat keputusan yang lebih baik dalam setiap prosesnya.