Memperbaiki Kesalahan atau Fokus ke Masa Depan

Banyak orang menghabiskan waktunya untuk memikirkan masa lalu. Ada juga yang terlalu banyak merencanakan masa depan. Tentu tidak salah untuk mengevaluasi diri di masa lalu agar lebih baik di masa depan. Tapi, di antara masa lalu dan masa depan itu adalah masa sekarang. Saat memikirkan yang sudah lewat atau yang belum terjadi, sebagian orang justru tidak menyadari bahwa mereka hidup di masa sekarang.

Tidak Ada yang Bisa Meramalkan Masa Depan dengan Pasti

Kalau kata Abraham Lincoln, the best way to predict your future is to create it. Disadari atau tidak, kenyataannya kita semua tidak pernah hidup di waktu ‘kemarin’ atau ‘besok’. Kita selalu hidup pada ‘hari ini’. Ya, bahkan ketika kita sibuk bicara soal masa lalu dan masa depan, kenyataannya kita sedang menggunakan waktu ‘sekarang’.

Kesalahan sebagai Bekal Pembelajaran

Pada intinya, kesalahan menjadi bekal yang baik untuk bahan pembelajaran. Sementara itu, masa depan adalah tergantung pada apa yang Anda lakukan hari ini. Tidak ada satu pun yang dapat meramalkan masa depan Anda. Hanya Tuhan yang tahu apa yang bisa terjadi dalam hidup Anda. Apapun yang kita lakukan sekarang, walaupun kecil, ia akan berpengaruh pada masa depan.

Fokus dengan Apa yang di Depan Mata

Membayangkan masa depan memang seringkali terasa sangat menarik. Dari dulu hingga sekarang kita masih melakukannya. Waktu kecil kita bayangkan masa depan adalah ketika kita sudah lulus sekolah. Dan kalau sekarang kita ternyata sudah lulus sekolah, bukankah kita sudah sampai pada waktu yang disebut dengan ‘masa depan’ itu?

Berarti bisa saja kita sebut masa depan adalah saat ini. Lalu pada saat ini, apakah kita merasa sudah mendapatkan dan menyelesaikan semuanya? Apakah kita tidak ingin menuju ke masa depan yang masih belum terjadi?

Tentu siapapun orangnya, selama masih hidup, ia pasti ingin mencapai keadaan yang lebih baik di waktu yang relatif bernama ‘masa depan’. Apapun yang dikerjakan saat ini, kita bisa memilih bahagia dan bersyukur untuk saat ini.

 

Nantikan Seminar Evaluation & Success Plan For Next pada bulan Desember 2017 di The Royal Surakarta Heritage Hotel. Informasi lengkap: hubungi 08112652244.

Pencarian Terbaru:

 

Halo sahabat bisnis, ikuti seminar kami:

30 Oktober 2018 di Novotel Hotel Solo

Rahasia Besar Jualan Jaman Now

INFO : 08112652244

DAFTAR YUK !!

 

 

Halo sahabat bisnis, ikuti seminar kami:

30 Oktober 2018 di Novotel Hotel Solo

Rahasia Besar Jualan Jaman Now

INFO : 08112652244

DAFTAR YUK !!