Bagaimana Caranya Agar Bisa Lebih Tangguh Menghadapi Penolakan dalam Bisnis

Semua orang mungkin sepakat kalau mereka melakukan sesuatu dengan tujuan tertentu, khususnya agar mendapatkan penerimaan. Entah itu soal gagasan, penawaran, penjualan, atau bahkan keberadaan dirinya di lingkungan sekitarnya. Penolakan mungkin terdengar menakutkan bagi sebagian besar orang. Tapi ketakutan itu tidak seharusnya dibiarkan begitu saja. “Dapat menerima penolakan” bisa menjadi salah satu kualitas pribadi yang berpengaruh pada keberhasilan.

Ketakutan kita pada penolakan mungkin masih sangat besar, tapi perlu dipahami bahwa hal itu seringkali membuat kita berhenti untuk melangkah di jalur yang tepat, entah apakah kita menyadarinya atau tidak. Bahkan, ketakutan itu pun menghambat kemajuan dalam aspek kehidupan lainnya, baik kehidupan professional maupun pribadi.

 

Penolakan saat berbisnis

Karena segala hal butuh proses, maka tidak ada satu pun pengusaha yang tidak menghadapi penolakan pada awalnya. Entah itu ditolak customer, investor, klien, vendor, dsb. Bukan soal penolakannya, tapi bagaimana mereka mampu bangkit setelah itu. Mengapa harus tangguh menghadapi penolakan? Bayangkan saja, jika Anda menyerah setelah mendapat kata ‘tidak’, bagaimana gagasan Anda bisa berhasil? Bukankah justru Anda tidak akan bisa mencapai apa yang ingin Anda capai.

 

Pahami Penolakannya

Daripada langsung kehilangan semangat dan kepercayaan diri Anda lebih baik fokus pada alasan penolakan, cobalah untuk mengerti apa yang salah, mengapa Anda ditolak. Dengan begitu Anda bisa introspeksi. Ketika Anda berbicara dengan calon investor, Anda dengan mereka perlu meluangkan sebagian waktunya untuk menyamakan frekuensi, apakah memang bisa saling memberi keuntungan sehingga bisnis Anda layak untuk mendapatkan dana dari investor tersebut. Alasan penolakan barangkali tidak selalu ada dalam diri Anda dan bisnis Anda, bisa jadi para investor hanya mencari sesuatu yang berbeda.

 

Ambil jeda setelah penolakan

Reaksi pertama setelah menghadapi penolakan pasti ada rasa kecewa, tapi bagaimana sikap selanjutnya itu tergantung ‘jam terbang’ yang membentuk mentalitas. Ambil jeda sejenak untuk memikirkan dan menganalisis kembali penolakannya. Jangan sampai menyia-nyiakan waktu Anda yang berharga sehingga kehilangan fokus pada peluang berikutnya.

Jika Anda ingin meningkatkan kemampuan dalam hal marketing, ikuti Seminar Bisnis dari IbizCOACH ‘Marketing Transformation’ pada tanggal 18 Juli 2018 di Novotel Solo. Info lebih lanjut hubungi 08112652244.