3 Langkah Sebelum Menentukan Target Penjualan

 

Berbicara tentang dunia bisnis, tentunya tidak terlepas dari sebuah target yang ditentukan pada awal pendirian bisnis tersebut. Khususnya tentang target penjualan, umumnya pengusaha akan menetapkan target di awal tahun.

 

Apa Saja yang Mempengaruhi?

Target penjualan biasanya dipengaruhi oleh beberapa faktor baik eksternal maupun internal. Faktor eksternal misalnya tren yang sedang hype, kondisi perekonomian, juga kebutuhan pasar. Sedangkan faktor internal misalnya capaian target di tahun lalu, SDM pengelolanya, dan kesiapan produk yang akan dipasarkan.

 

1.Ukurlah Targetnya dengan Jelas

Sebagai pengusaha, target penjualan adalah salah satu faktor terpenting yang tidak bisa diabaikan. Jika ingin meningkatkan sesuatu, maka tentukan parameternya dan ukurlah dulu targetnya dengan jelas. bagaimana menentukan sebuah Target Penjualan. Tidak masalah soft selling atau hard selling, yang paling penting penjualan meningkat dan berkelanjutan.

Dalam hal ini, target tersebut haruslah realistis, terukur dan bisa dicapai. Tidak terlalu rendah atau terlalu tinggi. Menetapkan target yang terlalu rendah akan berakibat pada kinerja sales yang menurun dan target yang terlalu tinggi justru melemahkan semangat ketika ternyata harapan tidak sesuai kenyataan. Meskipun kelihatannya sudah bekerja keras.

 

2.Sejalan dengan Prediksi Pertumbuhan Pasar

Dalam menentukan target penjualan ternyata tidak hanya berurusan dengan omset atau profit. Sebuah target harus memperhatikan rencana pengembangan bisnis ke depan dan sejalan dengan prediksi pertumbuhan pasar. Sangat penting juga bagi seorang yang akan menyusun target penjualan untuk dapat menganalisa data berdasarkan peristiwa yang terjadi dalam bisnis sehari hari.

 

3.Target Perusahaan Juga Bermanfaat Bagi Karyawan

Tujuan yang ditetapkan juga harus bermakna bagi tim Anda, dalam hal ini adalah karyawan. Berikan imbalan (reward) yang memotivasi mereka. Selain imbalan yang cukup untuk mencapai tujuan, adakan pula konsekuensi karena kegagalan jika memang harus terjadi.

Hal itu penting untuk memastikan bahwa target yang ingin dicapai perusahaan dan apa yang diupayakan bersama untuk mencapainya, ada di dalam daftar to do list para karyawan.

Jika Anda ingin meningkatkan kemampuan dalam hal marketing, ikuti Seminar Bisnis dari IbizCOACH ‘Marketing Transformation’ pada tanggal 18 Juli 2018 di Novotel Solo. Info lebih lanjut hubungi 08112652244.