Seberapa Penting Menguasai Product Knowledge

 

Seperti apa rasanya mendengar orang berbicara dan menyampaikan informasi tapi sepotong-sepotong? Tentunya berpotensi menimbulkan rasa penasaran atau justru kurang berkesan dan kurang menarik. Hal itu terjadi karena yang sedang bicara itu tidak menguasai apa yang disampaikannya.

Dalam hal aktivitas sales dan marketing pun begitu. Kegagalan yang sering terjadi adalah karena kurang menguasai product knowledge. Tanpa penguasaan product knowledge, presentasi dengan calon customer bisa terasa kurang berisi. Akibatnya, calon customer ingin segera mengakhiri pembicaraan dan beranjak ke tempat lain.

 

Meyakinkan Customer di Saat Mereka Membandingkan Kompetitor

Urusan mengenai kompetitor bukan suatu persaingan sengit dan menakutkan seperti perang. Memang itulah ‘seni’nya. Penjual yang handal butuh tantangan yang berhasil ia hadapi dengan baik, termasuk lebih bisa memahami arah gerak kompetitor.

Ada kalanya customer penasaran dan membandingkan dengan tempat lain, yang notabene kompetitor. Memang mereka butuh waktu untuk mengambil keputusan. Sebenarnya mereka hanya ingin lebih yakin tentang kelebihan produk dari tempat Anda dibanding yang lainnya. Ketika mereka yakin dan menerima manfaat dari apa yang Anda berikan, mereka akan melakukan repeat order dan bahkan menyampaikan ke orang lain.

 

Bisa Menyampaikan Sesuai Keunikan Customer

Produk berupa barang atau jasa yang ditawarkan bisa sama. Apalagi di tengah arus informasi yang sedemikian deras, di mana lagi ada sesuatu yang benar-benar baru? Meskipun membawa sesuatu yang sama dengan tempat lain, tapi dengan penyampaian yang  berbeda, kesan yang didapat juga berbeda.

Mereka juga ingin tahu bahwa Anda memiliki kompetensi untuk memilihkan options terbaik untuk mereka. Yang perlu diingat, kunci suksesnya adalah menghubungkan produk dengan kebutuhan dan keinginan calon pelanggan.

Product knowledge jelas sangat dibutuhkan setiap pelaku bisnis, khususnya bagian sales dan marketing sebagai modal utamanya dalam aktivitas bisnisnya. Semakin mendalam pengetahuan atas produk yang dijual tersebut, itu akan lebih memudahkan dalam proses pemasaran produk ke customer.

Jika Anda ingin meningkatkan kemampuan dalam hal marketing, ikuti Seminar Bisnis dari IbizCOACH ‘Marketing Transformation’ pada tanggal 18 Juli 2018 di Novotel Solo. Info lebih lanjut hubungi 08112652244.