Sikap yang Adil Memperlakukan Customer

 

Sebelum membeli sesuatu, setiap customer akan memikirkan, mempertimbangkan, dan mempertanyakan produk yang dibelinya itu. intinya, mereka tidak ingin salah memilih. Sama seperti setiap brand yang memiliki keunikan masing-masing, setiap customer juga memiliki keistimewaan.

Beda karakter, beda pula perlakuan yang diberikan. Sebagai entrepreneur, mungkin Anda sudah bertemu dengan berbagai karakter customer dengan keunikannya. Lalu bagaimana cara memperlakukan konsumen sesuai dengan keunikannya sehingga bisa memberikan pelayanan optimal?

 

1. Hadir Sebagai Solusi Masalah Mereka

Faktanya, setiap orang pasti ingin mengatasi permasalahannya. Beri penawaran menarik dan tunjukkan bahwa produk Anda bisa menyelesaikan masalah tersebut. Berikan solusi yang masuk akal dan realistis untuk calon pelanggan Anda.

 

2. Berani Memulai Pembicaraan

Ada tipe konsumen yang jika tidak mendapat ‘pancingan’ dari lawan bicaranya, maka mereka tidak akan berbicara. Mereka cenderung banyak diam dan mendengarkan, meskipun bukan berarti malu. Karena itu, menghadapi konsumen dengan keunikan seperti ini, siapkan mental untuk memulai pembicaraan, bahkan lebih banyak bicara daripada mendengar. Mulailah pembicaraan seputar hal-hal ringan dan tidak langsung ke urusan penjualan.

 

3. Sesekali Bisa Menjadi Pendengar

Ada saatnya Anda perlu menjadi pendengar dan biarkan konsumen Anda yang bicara lebih banyak. Selain terlihat lebih aktif bicara, tipe konsumen yang satu ini terlihat seperti sudah kenal dekat dengan Anda. Sisi positifnya, mereka mudah diajak berbicara dengan santai dan mudah akrab. Tapi, Anda tetap fokus pada tujuan. Sampai pada titik tertentu, jangan ragu untuk mengatakan: “Bolehkah saya berbicara sekarang?”

 

4. Sabar dan Tidak Mudah Tersinggung

Saat menghadapi konsumen yang banyak bicara, hal itu masih terasa menyenangkan. Tapi jika suatu saat menemukan sosok yang terlihat arogan, kuncinya harus sabar dan tidak mudah tersinggung. Orang dengan karakter seperti ini cenderung tidak mudah menerima pendapat orang lain.

Entah karena terlampau percaya diri atau memang selalu menganggap pendapatnya yang paling benar. Anda tidak perlu menyalahkan diri sendiri jika presentasi Anda sering gagal. Saat mereka terlihat merasa tahu segala hal, termasuk produk Anda, jangan menyela. Justru beri pujian mereka dengan santun dan proporsional.

 

5. Ada Saatnya Meminta Maaf

Jika tidak semua permintaan konsumen bisa dipenuhi, minta maaflah. Sebagai orang sales dan marketing, segera beritahukan atasan Anda jika tidak mampu memberikan permintaan pelanggan. Selain meminta maaf, Anda bisa menyarankan alternatif lainnya.

Demikianlah, setiap customer memiliki keunikan masing-masing. Jangan lelah untuk melakukan hal baru dan lakukan perbaikan-perbaikan. Kabar baik untuk Anda, dapatkan manfaat Seminar Bisnis dari IbizCOACH ‘Marketing Transformation’ pada tanggal 18 Juli 2018 di Novotel Solo. Info lebih lanjut hubungi 08112652244.