Saat Anda Sudah Menetapkan Tujuan Hidup

 

By Coach Edwin Indarto

Banyak klien saya bertanya: “Coach, saya SUDAH TETAPKAN TUJUAN, Akan tetapi kok SEDIKIT PERUBAHAN ya?” Bisa jadi dan memang betul sekali, dibutuhkan beberapa hal yang harus menjadi perhatian Anda. Apa saja hal yang harus Anda perhatikan?

 

1). MANAGE RESIKO

Anda sangat paham bahwa SETIAP ACTION PASTILAH MUNCUL RESIKO, maka UBAHLAH RESIKO menjadi SEBUAH PENGETAHUAN baru bagi Anda untuk bertumbuh dan berkembang sejalan dengan tujuan yang telah Anda tetapkan.

 

2). PERCAYA DIRI

Ini adalah masalah yang seringkali muncul ketika tujuan akan ditetapkan “Waduh, kok sepertinya tidak mungkin ya?” atau saat proses berjalan “sepertinya tidak sanggup deh.” Dibutuhkan keyakinan diri yang luar biasa untuk semua proses berjalan sesuai dan sejalan dengan tujuan yang telah Anda tetapkan.

 

3). NIKMATI PROSES

Saya teringat cerita ayah kandung saya yaitu tentang “KISAH SEPIRING UDANG” di meja makan Anda. Siapa yang bekerja sehingga sepiring udang tersebut sekarang tersaji di depan Anda? Apakah Anda yang bekerja? Ataukah banyak makhluk Allah, Tuhan Semesta Alam yang bekerja atas perintahNya untuk menyiapkan udang bagi Anda?

Perhatikan dan pikirkan, SIAPA YANG BEKERJA. Cukup dengan jumlah uang tertentu Anda dapatkan sepiring udang tersebut, bayangkan ketika Anda melakukannya semua. Pastilah dibutuhkan uang yang lebih atau bahkan sangat besar. Apakah Anda harus pelihara udangnya atau ada petani tambak udang yang pelihara untuk kita?

Apakah Anda harus jadi nelayannya? Apakah Anda punya ekspedisi untuk membawa udang dari tambak ke pasar, ataukah ada pengusaha angkutan yang membawa udang dari tambak ke pasar? Apakah Anda harus jadi pedagang di pasar agar bisa dapatkan sepiring udang? Pastilah tidak, ada pedagang di pasar yang akan menjual udang untuk Anda.

Lalu apakah Anda harus tanam kelapa dan petik buahnya sendiri kemudian peras untuk dijadikan minyak? Bayangkan berapa lama waktu untuk menanam. Jawabannya adalah BUKAN ANDA YANG BEKERJA, tetapi ada dzat yang maha kuasa,YANG MENGGERAKKAN SEMUA, maka NIKMATI PROSESnya.