Bagaimana Cara untuk Mengasah Kemampuan Public Speaking?

Diposting pada



Bagaimana Cara untuk Mengasah Kemampuan Public Speaking

Dalam setiap aktivitas sehari-hari, kita tak lepas dari komunikasi secara lisan atau yang kita sebut dengan berbicara. Entah itu berbicara dalam sebuah pertemuan, presentasi di depan tim kerja, negosiasi dengan orang lain, Anda tentu pernah merasakannya bahwa ternyata bicara juga ada seninya. Khususnya bicara di depan umum, untuk bisa melakukan dengan baik sesuai kebutuhan, tentunya ada cara untuk mengasahnya.


Pertanyaannya adalah: apakah selama ini Anda sudah melakukannya dengan baik?   Kabar baiknya adalah kemampuan berbicara di depan umum adalah keterampilan yang dapat dipelajari. Anda dapat menggunakan cara berikut ini untuk menjadi pembicara yang menarik dan lebih baik.

Perbanyak Jam Terbang

Jam terbang ini penting agar Anda tahu bagaimana menempatkan diri dalam situasi tertentu saat Anda berbicara di depan umum. “practice makes perceft”, begitu kata pepatah. Anda bisa menjadi mahir dan percaya diriberbicara di depan publik karena sering melakukannya. Semakin banyak waktu yang dipakai untuk berlatih, maka semakin besar kemampuan yang dicapai.

Libatkan diri anda dengan Audiens

Ketika Anda berbicara, cobalah untuk melibatkan audiens. Dengan mencoba membangun komunikasi dua arah, maka pesan Anda lebih mudah dibanding hanya diri anda saja yang menjelaskan. Perlu diingat bahwa pemilihan kata-kata juga sangat penting. Ada beberapa kata yang justru dapat mengurangi kekuatan Anda sebagai seorang pembicara, misal saat menyatakan pendapat pada sesuatu yang tidak menunjukkan keyakinan.

Seperti, kalimat berikut ini “Saya hanya ingin menambahkan bahwa saya pikir kita bisa memenuhi tujuan dengan rencana ini”. Tahukah Anda bahwa kata-kata “hanya” dan “saya pikir” bisa membatasi otoritas Anda dalam berbicara.

Perhatikan Bahasa Tubuh

Berdirilah tegak, ambil nafas dalam-dalam, lalu buat kontak mata dengan audiens dan jangan lupa berikan senyum. Usahakan tidak bersandar pada satu kaki atau menggunakan gerakan yang tidak wajar. Ini adalah bahasa tubuh paling mendasar saat berbicara di depan orang.

Perhatikan bahasa tubuh Anda, jika Anda tidak menyadari hal tersebut, bahasa tubuh Anda akan memberikan petunjuk halus tentang keadaan batin Anda. Seorang sales person yang handal umumnya adalah orang yang menguasai bahasa tubuhnya dengan baik. Itulah mengapa seni berbicara dan menggunakan bahasa tubuh itu menjadi salah satu kunci keberhasilan dalam transaksi bisnis.

 

Ingin tahu bagaimana seni berbicara di depan orang, khususnya untuk menunjang keberhasilan bisnis Anda? Ikuti seminar hypnoselling pada tanggal 27 September 2017 di Aston Solo Hotel. Informasi lengkap hubungi 08112652244.




VIDEO (VLOG) COACH EDWIN


Jangan lewatkan menonton video dari Coach Edwin tentang Life, Spiritual dan Bisnis. Tekan tombol berikut pada video dibawah untuk memilih judul Vlog yang Anda ingin lihat.

playlist VLOG

download ebook

jadwal seminar