Seperti Ini Hal-hal yang Perlu Anda Ketahui dalam Mengatur Keuangan yang Baik

Coba cek keuangan Anda saat ini, apakah dengan jumlah pemasukan sekian Anda bisa mencukupi kebutuhan sehari-hari dan juga memiliki tabungan? Seringkali, yang jadi masalah ialah bukan karena pemasukan yang kurang, tapi cara mengatur keuangan yang kurang tepat.

Apa saja hal yang perlu diketahui dalam mengatur rencana keuangan yang baik? Berikut ini adalah hal-hal yang perlu Anda ketahui dalam mengatur rencana keuangan yang baik.

1.Bedakan Antara Kebutuhan dan Keinginan

Seringkali seseorang membelanjakan uangnya karena ada sesuatu yang menarik hatinya. Padahal keinginan itu berbeda dengan kebutuhan. Jika mau memenuhi semua keinginan, tentu tak akan ada habisnya. Prinsip selanjutnya adalah menunda kesenangan saat ini demi kesenangan yang lebih besar di kemudian hari.

2.Tentukan Rincian Keuangan yang Spesifik

Mengapa harus spesifik dalam mengatur keuangan? Spesifik dalam hal ini penting untuk menentukan tujuan yang hendak dicapai dengan keuangan dimiliki. Banyak orang ingin menjadi orang kaya tapi tidak spesifik berapa jumlah yang perlu dimiliki untuk bisa disebut kaya. Tidak banyak yang memiliki rencana maupun tujuan yang spesifik bagaimana langkah-langkah untuk mencapainya.

Bagilah menjadi beberapa pos pengeluaran seperti pos pengeluaran rutin bulanan atau iuran wajib, pos pengeluaran gaya hidup atau belanja bulanan, pos tabungan dan investasi, serta pos dana darurat.

3.Mulai Berinvestasi

Sebagai tindak lanjut dari sikap yang spesifik, mulailah berinvestasi. Tentang jumlahnya, tidak perlu langsung besar, tapi mulai investasilah kecil-kecil asal terus ditingkatkan. Tentukan target misalnya dengan cara menyisihkan 10 % dari penghasilan setiap bulan untuk di investasikan.

4.Jangan Asal Memakai Kartu Kredit

Karena berbagai kemudahan yang ditawarkan, banyak anak muda yang mulai mengandalkan kartu kredit sebagai sarana untuk membayar berbagai keperluan. Tapi sayangnya, saat memakai kartu kredit itu, mereka tidak mengingat kembali bahwa itu sebenarnya berupa dana pinjaman. Hentikan penggunaan kartu kredit untuk hal-hal sesaat yang tidak dapat diuangkan kembali seperti; makan di luar, nonton ke bioskop, atau paket liburan. Penggunaan kartu kredit yang bijak merupakan salah satu aspek keuangan yang harus dipahami oleh setiap individu maupun rumah tangga.

DOWNLOAD E-BOOK GRATIS

KLIK DISINI