Bagaimana Mengelola Usaha agar Bisa Berlangsung Lama

Mengelola usaha sendiri merupakan pilihan yang lebih menantang tapi menjanjikan bagi orang yang memang sungguh-sungguh menekuninya. Lalu di antara kita mungkin banyak yang bertanya-tanya: kira-kira apa saja yang perlu dipersiapkan sejak awal untuk mengelola usaha agar bisa berlangsung lama?

1.Persiapkan Strategi Jangka Panjang

Dalam banyak hal, perencanaan dan strategi adalah kunci sukses untuk melakukan sesuatu, khususnya sesuatu yang tidak bisa dijalankan sendiri seperti berbisnis. Rencana dan strategi sangatlah penting dibuat sebelum merintis bisnis, apapun bidangnya. Kegagalan dalam merintis bisnis bisa terjadi karena tidak memiliki strategi, atau memulai bisnis tanpa tujuan yang jelas.

Menurut data statistik di tahun 2016, sekitar 78 % bisnis berskala kecil hanya bertahan di tahun pertama, atau setidaknya bertahan hanya selama 5 tahun. Sedikit sekali yang bertahan hingga 10 tahun atau lebih. Dengan rencana jangka panjang yang jelas, seorang pemilik usaha akan lebih fokus dalam menjalankan bisnisnya.

2.Fokus pada Pencapaian

Ketika perencanaan dan strategi bisnis sudah dibuat sedemikian rupa, tetaplah bereksperimen untuk bisa membuat pencapaian yang maksimal dalam bisnis. Salah satu tolak ukur keberhasilan sebuah bisnis adalah profitnya yang tinggi. Itulah mengapa setiap pemilik usaha perlu mengetahui bagaimana strategi untuk meningkatkan profit bisnisnya.

3.Berani Berinovasi

Kenyataannya, banyak bisnis rintisan yang gagal karena perencanaannya yang ‘terlalu canggih’ sehingga takut mencoba langkah-langkah baru. Meskipun perencanaan dan strategi itu penting, tapi dalam situasi yang lain, terlalu banyak strategi justru menghambat langkah. Jadi, setelah menyusun perencanaan dan strategi bisnis, seorang business owner juga perlu lebih fleksibel terhadap situasi di sekitarnya.

4.Selalu Menyesuaikan dengan Pasar

Lalu solusinya bagaimana? Kita harus melangkah dengan seimbang. Artinya, kita perlu tahu kapan menyusun strategi, dan kapan melaksanakannya, sambil terus menyesuaikan dengan kondisi pasar. Pada intinya, strategi memang penting, tapi harus terus berinovasi dan mengambil langkah konkret sesuai kebutuhan konsumen.

5.Menggunakan Jasa Konsultan Bisnis

Kenyataannya, mengelola usaha tidak selalu mudah selalu mudah. Tidak ada salahnya seorang pebisnis yang merintis usahanya menggunakan jasa konsultan bisnis. Fasilitas konsultasi itulah yang bisa membantu membuat bisnis berkembang. Salah satu lembaga konsultan bisnis yang fokus untuk berbagi kepada para pebisnis, baik pemula maupun yang ingin mengembangkan bisnisnya adalah iBizCOACH (Indonesia Business Coaching).

Ada banyak layanan yang diberikan, misalnya program Seminar Series.

 

Tanggal 20 Desember 2017, iBizCOACH akan mengadakan seminar Evaluation & Success Plan For Next. Anda ingin mengikutinya? Hubungi ke nomor 08112652244.