Untuk Menghemat Waktu

 


Tantangan hidup di era modern memang tidak selalu mudah. Beberapa menuntut untuk diselesaikan lebih cepat tanpa mengurangi kualitasnya. Kabar baiknya, banyak orang berpengalaman yang berkenan berbagi beberapa tips efektif untuk menghemat waktu. Misalnya seperti ini, seperti disadur dari lifehack.org, bagilah daftar tugas Anda ke dalam tiga kategori: 1.) ‘Kerjakan’, 2.) ‘Delegasikan’, dan 3.) ‘Jangan Lakukan’

 

1.Kategori ‘Kerjakan’

Kategori ‘kerjakan’ adalah prioritas dalam ‘to do list’ Anda. Betapa senang rasanya saat kita berhasil mencoret to do list, mengerjakan beberapa hal sekaligus. Dalam to do list yang kita buat, di dalamnya tidak lain adalah rencana-rencana yang ‘akan dikerjakan’ dan diselesaikan.

Jika tugas terpenting sudah bisa diselesaikan, Anda bisa berpindah ke tugas-tugas lain yang tidak begitu penting. Inilah cara efektif bekerja dengan cerdas, harus bisa menempatkan prioritas sesuai tingkat urgensi tugas yang ada di depan mata.

Membuat rencana dan menyusun hal-hal yang kita butuhkan itu sama seperti menyusun peta perjalanan. Ini akan membantu kita untuk  mempersiapkan diri dalam menghadapi berbagai keadaan.

 

2.Kategori ‘Delegasikan’

Selalu ada satu hal di daftar tugas Anda yang harus selesai, meskipun bukan Anda yang melakukan. Telusuri setiap poinnya dan tanyakan pada diri Anda: “Apa yang mungkin akan terjadi jika saya tidak melakukan ini?” Bisakah orang lain seperti; pasangan, pengasuh anak, rekan kerja atau tetangga menanganinya?

Kalau memang ada orang lain yang berkompeten melakukannya, letakkan ini pada kategori ‘delegasikan’. Selain menghemat waktu, ini juga penting bagi orang lain di sekitar Anda. Khususnya kalau Anda ada di posisi pemimpin. Itu akan membuat orang lain lebih berdaya dan merasa dihargai.

 

3.Kategori ‘Jangan Lakukan’

Jika Anda melakukan sesuatu dan Anda menyesal setelah melakukan, Anda tahu apa yang harus dilakukan setelah itu. Jika Anda melakukan sesuatu dan ternyata itu sama sekali bukan hal baik dan hanya memberi energi negatif, tentu saja Anda harus meletakkannya pada kategori ‘jangan lakukan’.



VIDEO (VLOG) COACH EDWIN


Jangan lewatkan menonton video dari Coach Edwin tentang Life, Spiritual dan Bisnis. Tekan tombol berikut pada video dibawah untuk memilih judul Vlog yang Anda ingin lihat.

playlist VLOG

download ebook

jadwal seminar