Bagaimana Menghilangkan Penghambat Kesuksesan pada Usaha Anda?

Diposting pada

Bagaimana Menghilangkan Penghambat Kesuksesan pada Usaha Anda

Dalam usaha mencapai kesuksesan, pasti ada saja hambatan yang muncul. Hambatan itu bisa berasal dari lingkungan maupun dari diri sendiri. Hambatan yang muncul dari pikiran sendiri itu dikenal dengan mental block. Apa sebenarnya mental block itu dan bagaimana ia terjadi pada diri seseorang?

Dimulai Sejak Dilahirkan

Sebetulnya, pada saat seseorang  manusia dilahirkan, yang ada dalam dirinya hanyalah kebahagiaan. Ketika bayi tersenyum, maka orang yang melihatnya akan senang. Coba bayangkan beberapa tahun kemudian, katakanlah pada saat itu Anda duduk di TK. Suatu hari Anda menginginkan sesuatu dari orang tua Anda. “Ibu, coba lihat ini…”

Setelah itu ibu menjawab dengan kurang menyenangkan “Apa sih nak? Ibu masih sibuk ini.” Apa yang Anda rasakan setelah itu? Tentu Anda merasa kecewa, apalagi kalau hal itu terjadi berulangkali. Maka apa yang terjadi kemudian? Mulailah terbentuk sebuah ‘file’ tentang kekecewaan dalam diri Anda yang masih anak-anak waktu itu.

Disebabkan Oleh Ekspektasi yang Tidak Terpenuhi

Bayangkan saat itu Anda sudah melewati beberapa tahun kemudian setelah peristiwa di TK. Saat tersebut Anda sedang mengusulkan sesuatu pada orang tua, tapi ditolak. “Ayah, aku tidak mau liburan ke pantai. Kita ke gunung saja.”

“Jangan, gunung itu bahaya.” Akibat penolakan itu, maka ‘fle’ kekecewaan itu ternyata semakin besar. Inilah yang kemudian menjadi penghambat (mental block). Penolakan itu membuat Anda memiliki ketakutan untuk mengusulkan sesuatu. Pembatasan-pembatasan itu menjadi sumber sikap paranoid dan takut mengambil risiko. Hal ini ternyata bisa berpengaruh pada berbagai bidang kehidupan Anda saat dewasa, misalnya saat akan memulai bisnis.

Seorang yang memiliki mental block akan mengatakan “Jangan-jangan nanti tidak laku”, “Bagaimana dengan pesaing yang sudah lebih berpengalaman?” dan kata-kata takut gagal lainnya.

Menghilangkan Penghambat Kesuksesan

Karena penghambat kesuksesan itu sebenarnya ada pada diri sendiri, maka sebisa mungkin gali kemampuan yang ada pada diri Anda. Kenali hal-hal yang bisa menimbulkan rasa tidak nyaman, dan buanglah rasa yang membuat Anda tidak nyaman itu. Yang terpenting jangan mencoba untuk meniru orang lain, tapi tetap jadilah diri sendiri.




VIDEO (VLOG) COACH EDWIN


Jangan lewatkan menonton video dari Coach Edwin tentang Life, Spiritual dan Bisnis. Tekan tombol berikut pada video dibawah untuk memilih judul Vlog yang Anda ingin lihat.

playlist VLOG

download ebook

jadwal seminar

 

Pencarian Terbaru: