Ingin Mengubah Perilaku Anda? Ubah Identitas Anda Terlebih Dahulu

Diposting pada

Ingin Mengubah Perilaku Anda? Ubah Identitas Anda Terlebih Dahulu

 

Ada saatnya ketika kita ingin mencoba untuk mencapai tujuan baru dan membentuk perilaku yang baru. Untuk memulainya pun kita perlu untuk mengambil langkah-langkah kecil. Selanjutnya kita mengharap adanya perubahan yang tentunya ke arah yang lebih baik. Apakah perubahan itu bertahan lama? Belum tentu. Bagaimana menurut Anda?

 

Agar Perubahan Bisa Bertahan Lama

Untuk membuat perubahan itu bertahan lama, Anda mungkin juga perlu mengubah identitas Anda. Ada banyak strategi yang sering dibahas dalam mencapai tujuan. Beberapa orang mempercayai sebuah langkah sederhana untuk mulai mencapai tujuan. Yang lainnya mengatakan bahwa tujuan itu dicapai melalui teknik visualisasi. Atau, Anda mungkin pernah mendengar bahwa untuk menetapkan tujuan, Anda harus menuliskannya terlebih dahulu.

 

Saatnya Berubah untuk Mencapai Tujuan

Semua teknik itu memang sedikit berbeda, tapi semuanya menyampaikan konsep dasar yang sama. Untuk mencapai tujuan, Anda perlu mengubah beberapa aspek perilaku Anda. Misalnya, untuk menurunkan berat badan, Anda harus pergi ke gym lebih sering dan makan lebih sehat. Atau, untuk menjadi seorang penulis, Anda harus meluangkan waktu untuk membaca, mencari informasi, dan menghasilkan karya secara teratur. Jika Anda ingin mengubah perspektif Anda, Anda harus secara aktif mengubah pemikiran Anda dan menyelaraskannya dengan hasil yang diinginkan.

Jika perilaku kita saat ini sudah ‘memenuhi persyaratan’ untuk mencapai semua tujuan kita saat ini, tentunya tujuan itu akan mudah tercapai. Kedengaran sederhana? Tapi ini akan membawa kita ke pertanyaan berikutnya yang mungkin lebih menarik: Mengapa mengubah perilaku kita begitu sulit?

 

Mengapa Begitu Sulit untuk Mengubah Perilaku?

Kalau kita mau mempelajari kebiasaan orang-orang sukses, bahwa pencapaian tujuan baru adalah tentang berpegang pada perilaku kita yang baru. Ini juga berarti bahwa kita harus membangun kebiasaan yang bertahan lama, bukan hanya sementara. Dan untuk menciptakan kebiasaan yang berkelanjutan itu, semuanya bermuara pada satu hal: mengubah identitas kita.

 

Seberapa Penting Identitas Anda?

Identitas Anda, itu adalah elemen paling penting. Pada intinya, identitas Anda adalah hal yang Anda yakini. Kinerja Anda, tindakan yang diambil, perilaku baru yang Anda terapkan untuk bekerja menuju, juga penampilan Anda: tentang bagaimana orang lain / dunia luar memandang diri Anda.

Kebanyakan orang mencoba mengubah penampilan atau kinerja, tanpa benar-benar memperhatikan identitasnya di level mendasar, bahwa kita adalah orang baru. Tapi kadang muncul konflik dalam diri yang belum siap mengubah identitasnya secara mendasar. Konflik ini dapat menyebabkan ketidaksesuaian internal, menghentikan perubahan perilaku, dan menunda lingkaran pencapaian.

 

Bagaimana Cara Kita Melakukannya?

Jadi, saat kita harus memperhatikan proses ini dan fokus pada perubahan identitas kita, bagaimana kita melakukannya? Pertama, Anda memutuskan jenis identitas baru yang ingin Anda miliki. Kedua, tegaskan kembali identitas itu dengan serangkaian kemenangan kecil. Dengan menyadari identitas baru Anda, perilaku Anda menjadi stabil dan bertahan lama, sehingga Anda akan mencapai tujuan Anda.




VIDEO (VLOG) COACH EDWIN


Jangan lewatkan menonton video dari Coach Edwin tentang Life, Spiritual dan Bisnis. Tekan tombol berikut pada video dibawah untuk memilih judul Vlog yang Anda ingin lihat.

playlist VLOG

download ebook

jadwal seminar