Sudahkah Anda Mengukur Kepuasan Pelanggan Anda

Masih ingatkah kapan terakhir kali Anda bertanya tentang kepuasan pelanggan Anda? Sudahkah Anda mendengar masukan atau feeadback dari pelanggan Anda? Masukan dari pelanggan merupakan hal yang wajib untuk diperhatikan, terkadang hal itu disampaikan mereka dalam bentuk komplain dan keluhan. Kalau tidak ditangani dengan baik, keadaan itu bisa berakibat kurang baik pada bisnis Anda.

    Sebelum bicara tentang kepuasan, ternyata ada hal lain yang seharusnya diselesaikan. Banyak perusahaan yang ditinggal pelanggannya karena tidak berhasil menangani komplain dengan baik. Hal-hal yang sering membuat pelanggan mengeluh atau tidak puas adalah kurangnya kualitas produk dan belum maksimalnya pelayanan. Selain mengukur kepuasan, apa yang harus dilakukan kepada pelanggan?

1.Memahami dan Menemukan Alasan Pelanggan yang Meninggalkan

Ketika menemukan pelanggan yang pergi, kebanyakan dari perusahaan beranggapan bahwa mereka telah menemukan tempat lain yang menawarkan produk atau jasa dengan harga yang lebih murah. Padahal, itu hanya persepsi mereka belaka. Padahal kebanyakan pelanggan lama pergi itu karena dua alasan terbanyak yaitu: kualitas yang menurun serta layanan yang tidak memuaskan.

2.Survei Kepuasan Pelanggan

Sebelum Anda menjual sesuatu memang Anda harus percaya dengan apa yang Anda jual. Tapi kepercayaan juga perlu diimbangi dengan fakta bahwa pelanggan Anda puas dengan layanan Anda. Survei ini bisa dilakukan secara online maupun offline.

3.Tawarkan Diskon atau Promo Menarik

Pelanggan manapun akan senang diberikan penghargaan, meskipun bentuknya kecil. Temukan hal-hal yang bisa diberikan ke pelanggan Anda, khususnya pelanggan lama untuk membuat mereka merasa dipehatikan. Hampir semua perusahaan setuju mempertahankan pelanggan jauh lebih murah dibandingkan, mencari pelanggan baru. Menurut Susan Scott, penulis buku “Fierce Conversations and Fierce Leadership”, menarik kembali pelanggan lama adalah hal yang lebih mudah jika dibandingkan dengan mendatangkan pelanggan baru.

Kepuasan pelanggan Anda adalah aspek penting untuk diperhatikan karena hal itu bisa membuat bisnis Anda berkembang. Bahkan, cara Anda memperlakukan pelanggan itu bisa membuat bisnis Anda bertahan lama. Ingin lebih memuaskan pelanggan Anda?

 

Nantikan seminar Hypnoselling : “Rahasia Menjual tanpa Banyak Bicara” dari iBizCOACH pada tanggal 27 September 2017. Info lebih lanjut: 0811-265-2244.