Sebagian orang yang baru akan merintis karir di bidang marketing mungkin akan berpikir bahwa tugas mereka hanya sebatas memikirkan strategi dan perencanaan. Mereka juga merasa tidak punya tanggung jawab ketika penjualan tidak masuk target, karena itu adalah pekerjaan tim sales.

Padahal marketing adalah aktivitas untuk membangun sebuah brand atau reputasi. Branding adalah inti dari marketing. Menurut, membangun sebuah brand yang kuat itu bagai memainkan sebuah simfoni berkelas yang para pemainnya adalah seluruh karyawan.

Tidak Melulu Jualan

Sales adalah dunia yang unik dan penuh karakter. Sementara itu, sales tidak melulu hanya soal jualan. Peranan sales sekarang pun telah banyak bergeser dari pola traditional sales yang hanya mengenal kejar target, menjadi seorang konsultan yang dituntut mampu memberikan solusi kepada pelanggan.

Butuh Kreativitas Tinggi

Kalau banyak orang bilang bahwa Tim Marketing adalah sekelompok orang kreatif bagaimana dengan Tim Sales? Apakah mereka kalah kreatif? Padahal kenyataannya di lapangan, menjelang akhir bulan dan target belum tercapai maka kreativitas mereka akan bekerja.

Sales dan marketing itu ibarat pasangan yang kadang berselisih pendapat, bertengkar, tapi saling membutuhkan, demikian Dino Martin, CEO Karir.com dalam blog.karir.com. Tim Marketing yang baik harus bisa meyakinkan konsep brand-nya kepada Tim Sales terlebih dahulu, sebelum bisa menjualnya ke pasar.

Hal ini tidak berarti bahwa Tim Sales adalah titik tumpu pengembangan ide; semua tetap harus berfokus pada target pasar. Berkarir di sales banyak bertemu orang dengan beragam latar belakang dan bertemu beragam kebudayaan, karena besar kemungkinan Tim Sales yang berprestasi akan dirotasi ke daerah lain. Tim Sales juga banyak menjamu klien atau pelanggan, dan di beberapa industri, Tim Sales harus cukup akrab dengan dunia malam.

Memberikan Kesempatan untuk Belajar Banyak

Pilihan karir sebagai sales juga memberikan kesempatan untuk belajar banyak ilmu seperti negosiasi, komunikasi, customer relationship management, complaint handling, conflict management dan lain-lain, yang tentunya sangat berguna dalam kehidupan sehari-hari. Jadi Anda pilih mana, menjadi Tim Sales atau Tim Marketing?

Apapun pilihan Anda, ketika ingin meningkatkan skill menjadi sales dan marketing handal?

Ikuti seminar “Be a Great Sales” tanggal 23 Agustus 2017 di The Sunan Hotel Solo. GRATIS!

Hanya untuk 50 peserta. Untuk para pengusaha, marketing & sales.