Setiap hari kita berinteraksi dengan orang-orang, keadaan lingkungan, atau apapun yang memunculkan beragam respon unik dalam pikiran. Sadar atau tidak, jutaan pikiran kita bermunculan setiap hari, tapi sayangnya tidak semuanya akan kita ingat kecuali kita mendokumentasikannya.

Lebih dari 5.000 lintasan pikiran yang bermunculan di otak manusia, menurut para neurologis itu bisa menjadi titik-titik yang terhubung sangat cepat satu sama lain. Sementara itu, kreativitas lahir lantaran kemampuan mengoneksikan titik-titik berserakan.

Connecting The Dots

Menghubungkan titik-titik (connecting the dots) menjadi istilah populer untuk menggambarkan bagaimana hubungan antara satu gagasan dengan gagasan lain. Sejak dipopulerkan oleh Steve Jobs di beberapa pidatonya terkait kesuksesannya membangun Apple Inc., konsep itu sudah lama menjadi kosa kata favorit orang-orang yang bekecimpung di bidang kreatif.

Mengasah Keterampilan Terus Menerus

Sikap kreatif yang bisa mengoneksikan titik-titik itu juga bukan berasal dari bakat lahir. Karena orang kreatif mampu membayangkan apa yang mereka inginkan, mereka tidak terpaku pada satu cara untuk melakukan sesuatu. Orang-orang kreatif yang sukses di seluruh dunia berproses dengan mengasah ketreampilannya terus menerus, tekun, bersikap terbuka, dan tidak berpuas diri dengan pencapaiannya di masa lalu.

Melihat Sesuatu dengan Cara Baru

Sesuatu yang dilakukan itu tidak harus sepenuhnya hal baru, karena kita tahu bahwa ‘nothing new under the sun’. Suatu alat yang baru berhasil kita otak atik hari ini sebenarnya sudah sudah lama dirancang oleh sekelompok orang. Suatu ide untuk menyelesaikan suatu persoalan mungkin saja sudah menjadi bahan pemikiran orang-orang generasi sebelumnya. Meskipun begitu, ketika kita memberikan pemikiran dan sikap berbeda, kita bebas boleh percaya boleh tidak pada kutipan itu. Kenyataannya, setiap hari banyak hal baru yang lahir.

Unsur ‘kebaruan’ yang paling mungkin dibuat orang-orang hari ini adalah tentang bagaimana caranya melakukan sesuatu. Pada prinsipnya, segala sesuatu yang berhasil dibuat dengan hebat tidak hanya berasal dari gagasan hebat tapi disertai keberanian bereksperimen pada hal baru. Hal-hal terbaik yang pernah dibuat orang itu umumnya bisa diwujudkan dengan cara menghubungkan titik-titik yang berserakan.

Membuat Hal Sepele Menjadi Lebih Berarti

Bagaimana cara untuk menghubungkan titik-titik di sekitar kita menjadi sesuatu yang lebih bernilai? Kalau menengok ke riwayat orang-orang sukses, mereka berusaha menyatukan berbagai gagasan yang berbeda untuk menciptakan sesuatu yang terlihat seperti baru dan menakjubkan.

 

Menghubungkan titik-titik itu tidak terlepas dari mengembangkan ide-ide yang berbeda menjadi sesuatu yang baru. Menghubungkan hal-hal biasa saja, yang tadinya tak berhubungan, menjadi kombinasi yang menarik.

Pencarian Terbaru: