Bagaimana Menyikapi Persaingan Kerja

Di era yang semakin maju, banyak perusahaan yang bergerak di berbagai bidang membutuhkan sumber daya manusia yang memiliki kemampuan terbaik. Keadaan itu sering memunculkan persaingan kerja. Sebuah persaingan sebenarnya merupakan hal yang sudah biasa terjadi di dalam sebuah perusahaan. Persaingan yang cukup ketat di lingkungan kerja tak jarang menimbulkan situasi yang kurang harmonis di antara sesama rekan kerja. Lalu bagaimana cara menyikapi persaingan kerja? Begini trik yang bisa Anda coba.

 

1. Miliki Niat dan Tujuan Positif dalam Bekerja

Niat adalah hal yang mendasar untuk aktivitas apapun. Dengan niat dan tujuan positif, tentunya persaingan yang tidak sehat itu bisa dihindari. Kalaupun di sekitar Anda ada orang yang memiliki tujuan negatif dalam persaingan, tetap lihat segala sesuatunya dari sudut pandang yang positif dan terapkan etika berkompetisi secara sehat.

 

2.Siap dengan Segala Kemungkinan

Agar tidak ada pihak yang merasa dirugikan, hadapilah persaingan dengan respon positif. Ketika Anda mengetahui bahwa ada orang yang ingin atau sengaja menjatuhkan, hal tersebut sebenarnya bisa membuat Anda menjadi lebih waspada dan siap dengan segala kemungkinan. Ingatlah bahwa Anda memiliki kendali atas diri Anda sendiri. Posisikan diri Anda setenang mungkin sehingga lebih siap untuk menghadapi apapun.

 

3. Kembangkan Kemampuan Diri Anda

Disadari atau tidak, persaingan bisa menimbulkan dorongan untuk terus memaksimalkan potensi yang dimiliki. Mengembangkan kemampuan yang dimiliki secara bertahap akan menjauhkan diri dari persaingan yang tidak sehat. Carilah peluang baru dan meningkatkan potensi diri yang selama ini belum dimaksimalkan, sehingga bisa membentuk diri Anda jadi semakin berkualitas.

 

4. Tunjukkan Attitude Kerja yang Baik

Kita tahu kalau banyak skill yang bisa dipelajari dalam waktu relatif singkat, namun attitude dibentuk dalam waktu yang cukup lama. Seseorang dengan sifat tertentu, biasanya tidak akan mengalami perubahan yang signifikan meskipun dipaksa berubah oleh lingkungannya. Menjaga sikap sangatlah penting di mana pun Anda berada, termasuk di dalam dunia kerja. Attitude Anda menentukan bagaimana orang lain atau atasan dapat menerima Anda.