Selain Networking, Inilah Hal-hal yang Bisa Dimaksimalkan saat Membangun bisnis di Usia Muda

 

Bagi anak muda khususnya yang baru lulus dan mencari pekerjaan pertama, ini adalah sebuah momen yang penting. Pekerjaan pertama memang menentukan. Tapi, pekerjaan itu tidak selalu dalam arti menjadi pegawai, karyawan, dan sejenisnya. Bisa juga diterapkan saat membangun bisnis di usia muda.

Jika saat kuliah mereka hanya punya pengalaman organisasi dan panitia, maka saat bekerja mereka akan mendapatkan pengalaman yang lebih luas. Pekerjaan pertama bisa dimanfaatkan untuk mendapat banyak pengalaman, misal untuk mempercepat jenjang karier ke depan.

 

Membangun Networking

Pekerjaan pertama lulusan baru akan mendapat banyak koneksi. Entah untuk urusan pekerjaan ataupun sekadar kenalan di jalan, menjalankan pekerjaan pertama tentu bisa menambah networking. Nah, bukankah mengenal banyak orang tentu saja banyak memberikan manfaat. Tidak ada ruginya mengenal orang-orang baru. Yang jarang disadari, bisa jadi salah satu kenalanmu di tempat itu akan mengantarkan pada kesempatan yang lebih baik.

 

Menggali Potensi dan Berguru dengan Para Senior

Tapi, begitu masuk ke dunia kerja, mereka menyadari bahwa dirinya masih harus menggali potensi. Mungkin saja sebelum bekerja seorang yang masih kuliah merasa memiliki kemampuan lebih. Bisa saja dunia kerja itu sangat berbeda dengan zaman kuliah. Yang terpenting di pekerjaan pertama ini, lulusan baru akan menyadari hal-hal lain yang bisa membentuk jadi pribadi yang lebih baik.

 

Mempersiapkan Mental untuk Menghadapi Tantangan

Bukan soal kerja apa, tapi sikap kerja di pekerjaan pertama bisa menentukan seberapa kuat mental yang dimiliki. Mental itu dibentuk saat mereka harus professional dan bisa menempatkan diri. Mereka mungkin juga akan mengalami sebuah kompetisi kerja yang tak bisa dihindari sehingga mental yang kualitas adalah kebutuhan tersendiri.

 

Belajar Banyak Hal Baru

Kuliah memang cenderung membekali dengan berbagai teori, sedangkan di dunia kerja profesional memaksa lulusan baru akan menghadapi hal baru. Dalam proses tersebut, tentu mereka akan belajar banyak hal, misal bagaimana cara berpakaian, bagaimana etika komunikasi, menghadiri rapat, atau tugas-tugas kerja lainnya.

Ingin memaksimalkan potensi saat membangun bisnis di usia muda? Ikuti Workshop iGAME (iBiz Gerakan Anak Muda Entrepreneur) pada tanggal 27-29 April 2018. Info lebih lanjut hubungi 08112652244.