Mengapa Orang Lain Terlihat Lebih Bahagia

Suatu hari Anda merasa sangat bahagia. Di hari yang lain kita melihat sesuatu berubah, kita ingin menjadi seperti orang lain. Tidak lama kemudian, kita kembali merasa lebih percaya diri, tanpa membandingkan diri dengan orang lain. Lalu keadaan berubah dan berubah terus, pada akhirnya kita lebih nyaman dengan menjadi diri sendiri. Apakah selalu begitu?

Seperti yang mungkin Anda sudah pahami, sudah menjadi sifat manusia bahwa kita suka menilai orang berdasarkan apa yang bisa dilihat. Manusia cenderung memiliki penilaian tentang sesuatu dan seseorang, bahkan sebelum mereka memahami yang sebenarnya.

 

Urip iku mung sawang sinawang

Pada konteks yang lebih serius, hal-hal yang terlihat menyenangkan dari orang lain itu sebenarnya hanyalah apa yang bisa tampak di luar. Seperti pepatah Jawa kuno berikut ini: ‘urip iku mung sawang sinawang, mula aja mung nyawang sing kesawang’. Arti dari pepatah itu adalah: hidup itu hanya tentang melihat dan dilihat, jadi jangan hanya melihat dari apa yang terlihat. Maka dari itu, jangan mudah menyimpulkan dari apa yang terlihat, dan tidak usah mencoba untuk terlihat seperti orang lain.

 

Tidak overestimate atau underestimate

Yang tidak kalah penting untuk diperhatikan adalah sikap terhadap diri sendiri. Alangkah bijak kalau kita memandang diri sewajarnya dan tetap bersikap terbuka. Tidak perlu menilai terlalu tinggi (overestimate) maupun meremehkan (underestimate) diri sendiri. Umumnya, sikap underestimate lah yang bisa melemahkan, sehingga  muncul sikap lemah, pasif, rasa tidak aman, tidak percaya diri, dan tertekan

 

Merawat rasa syukur

Coba catat hal-hal yang sudah Anda lakukan hari ini, perjalanan yang Anda tempuh, apa yang anda lihat dan rasakan. Ingat baik-baik, manakah yang menurut anda menarik? Ketika Anda begitu mudah menyebutkan hal-hal menarik di sana, bukankah seharusnya bersyukur?

Kalau ternyata saking banyaknya aktivitas yang Anda jalani sehingga cukup sulit untuk memilih mana yang seharusnya menjadi alasan bersyukur, Anda juga bisa memulai dari waktu terdekat yang baru saja Anda lewati. Catat benda-benda di sekitar Anda, cerita yang Anda dengar, nama-nama orang yang Anda temui. Mestinya ada hal baik yang pantas disyukuri di balik itu semua.

Ikuti Seminar Evaluation & Success Plan For Next “Tahun Baru, Target Baru” dari iBizCoach pada tanggal 20 Desember 2018 di Novotel Solo. Informasi lengkap: hubungi 08112652244.