Saat Ponsel Mengatur Hidup Anda dan Bagaimana Mengatasinya

Kita mengenal istilah kecanduan, yakni ketika hal tertentu mulai mengontrol hidup Anda dan mengganggu aktivitas harian Anda; pekerjaan, pola tidur, dan bahkan hubungan Anda.


Jika diri Anda memeriksa ponsel Anda di pagi hari sebelum bangun tidur, itu mungkin sudah mengarah ke kecanduan. Jika Anda mengetik pesan teks saat mengemudi, atau memeriksa media sosial, alih-alih mengerjakan tugas penting, telepon Anda mengganggu kehidupan Anda. Baiklah, kalau itu urusan penting seperti bisnis online, tapi apakah tidak bisa meluangkan waktu sejenak untuk menjalani hidup di luar ponsel?

Ada saatnya orang merasa takut kehilangan peluang, takut kehilangan eksistensi, dsb. Tapi justru kita perlu menerima ketakutan itu, menyelaraskan langkah Anda berikutnya dengan nilai-nilai Anda, dan ambil tindakan. Salah satunya mengurangi penggunaan ponsel.

Apakah ada alternatif yang melatih diri Anda untuk tidak terus-menerus menatap ponsel? Tujuan dari latihan ini adalah untuk lebih sadar seberapa sering kita didorong oleh dorongan tak beralasan untuk memeriksa ponsel kita. Agar ponsel tidak mengatur hidup Anda, coba 3 cara ini.

1.Bawa Ponsel Anda ke mana pun Anda pergi

Iya, tidak mengapa kalau Anda tetap membawanya ke mana pun. Ini seharusnya tidak sulit. Tapi mengapa justru dibawa? Tidak coba ditinggal? Lanjutkan ke no.2

2.Sadari dan Kendalikan Dorongan Diri Anda

Perhatikan dorongan diri Anda untuk memeriksa ponsel sepanjang hari, amati frekuensi dan niat Anda saat melakukannya. Tahap ini Anda mulai berlatih mengendalikan diri.

3.Ingat Tujuan untuk Melakukannya

Jika harus memeriksa ponsel, miliki tujuan untuk melakukannya dengan sengaja.

Anda putuskan waktu berikutnya ketika Anda ingin memeriksa ponsel Anda. Kecuali menerima panggilan dari luar sana yang bersifat urgen.

Alasan memeriksa ponsel yang bisa sampai 5-7 kali setiap jam itu ternyata bukan hanya soal membangun relasi atau katakanlah hal-hal esensial yang berpengaruh untuk keluarga Anda. Bisa jadi, itu adalah dorongan akan pengakuan orang lain, yang terus-menerus mencari jaminan yang memberi tahu bahwa kita baik-baik saja. Tetap ingat siapa yang memutuskan untuk memeriksa ponsel Anda. Apakah itu Anda atau desakan kompulsif? Teruslah berlatih sepanjang hari.



VIDEO (VLOG) COACH EDWIN


Jangan lewatkan menonton video dari Coach Edwin tentang Life, Spiritual dan Bisnis. Tekan tombol berikut pada video dibawah untuk memilih judul Vlog yang Anda ingin lihat.

playlist VLOG

download ebook

jadwal seminar