Untuk Setiap Orangtua yang Mempersiapkan Anak-anak yang Tangguh, Mulai dari Mana

 

Anak-anak adalah harapan bagi setiap keluarga. Setiap keluarga kecil yang baru disatukan dalam pernikahan, tentunya memiliki harapan besar untuk bisa mendidik anak-anak yang tangguh. Tapi mulai dari mana? Sebagaimana yang kita tahu bahwa anak adalah cerminan dari orangtuanya. Melalui proses yang tidak sebentar, anak-anak tangguh dipersiapkan dengan cara membangun mindset mereka.

 

Membangun Mindset Anak untuk Menjadi Pemenang

Mindset menjadi bagian penting dalam membangun attitude seseorang. Dalam bukunya, It’s Not Just about the Ribbons : It’s about Enriching Riding (and Life) with a Winning Attitude, Jane Savoie mengungkapkan tentang sikap pemenang. Menurut Jane, sikap seorang pemenang itu lebih penting daripada kekayaan, pendidikan, keadaan, kecerdasan, keberhasilan-keberhasilan, masa lalu, dan juga kegagalan. Pemenang dalam hal ini adalah berarti sangat luas

 

Memiliki Kendali Terhadap Dirinya

Seperti motivasi klasik yang sering kita dengar, pemenang itu bukan hanya dilihat saat ia sudah menang, tapi juga saat kalah. Pernyataan itu memang ada benarnya, tapi kali ini kita hanya membicarakan soal sikap seorang pemenang saja. Mereka adalah orang yang memiliki kontrol pada dirinya, sehingga apa yang terjadi pada hidupnya bukanlah di bawah kendali orang lain.

 

Keberanian Menyikapi Hambatan

Ketika seseorang sedang berjuang untuk mencapai sesuatu, tentu ia harus melawan keadaan yang menghambatnya. Keadaan-keadaan yang menghambat itu bisa berasal dari dalam maupun luar dirinya. Yang pasti, saat seperti itu ia harus ‘memenangkannya’ dengan usaha-usaha yang diperlukan. Saat anak-anak berproses tumbuh dewasa dan melangkah lebih jauh, tentu ia harus memulai dengan keberanian menyikapi hambatan yang muncul di depan.

 

Mengembangkan Growth Mindset pada Anak

Carol Dweck, Psikolog dari Stanford University pernah berujar seperti ini: “Orang-orang yang sukses dengan mudah di sekolah umumnya terperangkap dalam kondisi fixed mindset. Mereka percaya telah mendapat tiket untuk memimpin. Akibatnya, mereka akan takut melakukan kesalahan.

Mereka khawatir kalau mencoba hal-hal baru dan melakukan kesalahan maka imagenya sebagai orang yang cerdas akan luntur.” Kebalikan dari fixed mindset adalah growth mindset. Orang-orang dengan growth mindset menganggap bahwa kemampuan manusia itu tidak ada batasan tertentu. Mereka selalu tergerak untuk menjadi lebih baik dari sebelumnya.

 

Halo sahabat bisnis, ikuti seminar kami:

30 Oktober 2018 di Novotel Hotel Solo

Rahasia Besar Jualan Jaman Now

INFO : 08112652244

DAFTAR YUK !!

 

 

Halo sahabat bisnis, ikuti seminar kami:

30 Oktober 2018 di Novotel Hotel Solo

Rahasia Besar Jualan Jaman Now

INFO : 08112652244

DAFTAR YUK !!