Mencapai Puncak Karirnya di Usia Sakral

Setiap rentang usia manusia memiliki karakteristik sendiri. Semakin bertambah usia maka makin bertambah pula kemampuan dan cara pandangnya terhadap suatu hal dalam kehidupannya. Usia 20an dianggap menjadi momen ideal bagi seseorang belajar dan membangun jaringan (networking). Itulah mengapa banyak yang menyarankan agar sebaiknya mulai membuka bisnis di usia ini.

 

Kuatkan Fondasi di Umur 20an

Menurut sejumlah survei, masa belajar dan bereksperimen bisnis itu kira-kira 3 sampai 5 tahun. Di tengah masa belajar itulah mental tangguh pengusaha ditempa sejak muda. Inilah waktunya calon pengusaha banyak menempa diri dengan berbagai pelajaran, termasuk pengalaman untuk gagal. Apa lagi setelah itu? Setelah menguatkan fondasi di umur 20 tahunan, selanjutnya umur 30 tahunan adalah waktunya mencari partner atau mitra. Tapi sekali lagi ini relatif, dan tidak bisa disamakan untuk setiap orang.

 

Tentang usia dan pengalaman

Ide cemerlang untuk membangun bisnis bisa datang pada seseorang pada usia berapa pun, tetapi penelitian menunjukkan bahwa pelajaran hidup yang matang membantu pengusaha mengolah ide mereka menjadi perusahaan yang sukses. Entrepreneur yang lebih tua umumnya memiliki lebih banyak pengalaman bisnis dan pengetahuan industri, yang membantu mereka mengatasi masalah.

 

40an sebagai usia sakral

Seperti hasil penelitian yang dipublikasikan di weforum.org, business founder berusia 40an kemungkinan telah mengembangkan jejaring sosial industri yang luas untuk membantu merekrut staf, membuat hubungan penjualan, dan mencari pemasok. Mereka juga dapat mengambil manfaat dari pemahaman yang lebih baik tentang keuangan dan memiliki lebih banyak akses ke modal daripada pengusaha muda. Penelitian ini menunjukkan bahwa anak-anak muda dengan ide-ide besar ada saatnya lebih baik menunggu beberapa saat, sebelum bergegas untuk memulai sebuah start-up.

 

Apa yang kita pelajari dari Bill Gates dan Steve Jobs?

Tentu saja, ada beberapa sosok populer dari pengusaha muda yang memang sangat sukses. Bill Gates dan Steve Jobs mendirikan raksasa bisnis mereka saat usia dua puluh. Tetapi penelitian menunjukkan bahwa perusahaan-perusahaan tersebut mencapai puncaknya sekian tahun kemudian, ketika para pendirinya berusia empat puluhan.

Penelitian itu mengamati 2,7 juta bisnis yang baru dimulai antara 2007 dan 2014, dan menemukan rata-rata usia orang yang mendirikan bisnis dan melanjutkan untuk mempekerjakan setidaknya satu karyawan adalah 42.