[Part #1] Ingin Belajar Hal Baru dalam Waktu Singkat? Begini Caranya

Diposting pada

Ingin Belajar Hal Baru dalam Waktu Singkat

 

Belajar adalah proses yang berlangsung seumur hidup. Bahkan di tahun-tahun usia senja, kita terus menemukan hal-hal baru. Bagi kaum muda, belajar adalah ‘nyala api’ yang dapat membakar semangat di sepanjang hidup mereka.

Seperti kata Henry Ford yang menjadi kutipan populer itu: “Anyone who stops learning is old, whether at twenty or eighty. Anyone who keeps learning stays young. The greatest thing in life is to keep your mind young.” Siapa pun yang berhenti belajar, berarti tua, baik berusia dua puluh atau delapan puluh. Siapa pun yang terus belajar, berarti tetap muda. Hal terbesar dalam hidup adalah menjaga pikiran Anda tetap muda.

Semakin banyak Anda belajar tentang sesuatu, semakin besar passion untuk itu, pikiran Anda akan awet muda. Tapi bagaimana Anda bisa belajar hal baru dalam waktu singkat?

Jangan Mencoba ‘Menemukan Kembali’

Jika Anda ingin mempelajari sesuatu dengan lebih cepat, jangan belajar sendiri. Ini akan memaksa Anda untuk mencoba dan menemukan cara belajar yang benar-benar baru dan menghabiskan waktu Anda. Tidak perlu terobsesi menemukan kembali teknologi canggih baru seperti yang sudah pernah ditemukan orang zaman dahulu.

Daripada menemukan lagi, sebaliknya, temukan orang-orang yang sudah ahli dalam bidang atau keterampilan yang ingin Anda coba pelajari. Kenali metode belajar mereka. Ini adalah cara terbaik untuk mempelajarinya lebih cepat.

Memecah Materi dan Menunjukkan Fondasinya

Ada cara yang efektif untuk mempersingkat metode belajar Anda. Cara untuk melakukannya adalah dengan memecah materi atau keterampilan yang ingin Anda pelajari menjadi komponen yang terpenting. Ini menunjukkan fondasinya dan Anda bisa mulai belajar dari sana.

Melakukan Prinsip Pareto

Prinsip ini menunjukkan bahwa 80% dari hasil Anda adalah karena 20% dari upaya Anda. Hal-hal yang benar-benar penting adalah aspek kecil dan kritis dalam setiap usaha. Karena itu, identifikasi 20% Anda dan gunakan untuk mencapai 80% dari pembelajaran Anda.

Multitasking? Sebaiknya Jangan Lagi

Multitasking adalah proses melakukan berbagai tindakan pada saat yang bersamaan. Di zaman modern, kita menggunakan perangkat teknologi dengan beberapa aplikasi pada saat yang sama untuk berkomunikasi, hiburan, dan menunjang pekerjaan kami. Ternyata yang seperti itu memecah perhatian kita menjadi banyak bagian dan membatasi kemampuan kita untuk tetap fokus pada satu tugas.

Saat Anda mempelajari sesuatu, multitasking dapat menyebabkan Anda terganggu. Penelitian menunjukkan bahwa ketika Anda terganggu, dibutuhkan rata-rata 25 menit untuk kembali ke fokus penuh pada apa yang Anda lakukan sebelumnya. Ini dapat sangat menghambat upaya Anda untuk mempelajari sesuatu yang baru dalam waktu singkat. Jadi, untuk belajar lebih cepat daripada rata-rata, hindari multitasking. Fokuslah pada konsep dasar keterampilan atau pengetahuan yang ingin Anda pelajari.




VIDEO (VLOG) COACH EDWIN


Jangan lewatkan menonton video dari Coach Edwin tentang Life, Spiritual dan Bisnis. Tekan tombol berikut pada video dibawah untuk memilih judul Vlog yang Anda ingin lihat.

playlist VLOG

download ebook

jadwal seminar