Inilah Hal-hal yang Perlu Diwaspadai oleh Orang-Orang Kreatif

Apa yang Anda pikirkan ketika mendengar kata kreatif? Apakah seseorang dengan yang memiliki daya kreasi atau daya cipta yang tinggi?  Atau mereka yang bisa melihat hal-hal yang belum tentu dilihat orang? Atau mereka yang bisa menerima perubahan dan hal baru, cara pandang yang luas, dan kebiasaan menikmati sesuatu? Secara umum itu semua tidak salah.

 

3 Aspek Kreativitas

Kreatif didapatkan dari 3 aspek yaitu kemampuan, perilaku, dan proses. Kemampuan dalam berfikir kreatif untuk memikirkan dan menciptakan sesuatu hal yang baru. Dalam mengerjakan sesuatu, kreativitas itu sama pentingnya dengan faktor-faktor seperti pengetahuan, penguasaan teknik, dan pengalaman. Para pakar kreativitas menegaskan bahwa setiap orang memiliki potensi kreatif dan kreativitas itu sendiri dapat dipelajari dan ditingkatkan.

 

Bagaimana dengan proses berpikir kreatif?

Berpikir kreatif adalah kerja keras dalam menghasilkan sesuatu dan memecahkan masalah dengan cara yang lebih baik. Kreatif bisa berlaku dalam banyak hal, mulai dari hal yang santai seperti mix and match baju untuk suatu acara, mengkombinasikan menu masakan, sampai membuat beragam gambar desain.

Sikap kreatif juga berlaku dalam hal yang lebih serius, misalnya pilihan karir, orang yang kreatif memilih mengabaikan pekerjaan kantoran untuk bisa mengejar pekerjaan yang ia impi-impikan. Mereka bisa mengambil pilihan yang tidak populer yang memberi mereka kebebasan dan rasa puas tersendiri.

Sekilas memang sepertinya sikap kreatif ini sangat menarik dan terlihat keren ya? Oh.. Nanti dulu. Memang benar kalau orang kreatif yang menyukai variasi itu, cenderung lebih bisa terhindar dari kebosanan dalam hidup karena mereka segera tahu apa yang harus dilakukan.

Orang kreatif yang menyukai hal-hal yang sifatnya tidak monoton, tidak bersifat ‘hitam-putih’, atau pengkategorian-pengkategorian itu terasa menyenangkan karena fleksibilitasnya. Tapi ternyata ada juga hal-hal yang perlu diwaspadai oleh orang-orang kreatif. Apa saja hal-hal tentang sifat kreatif yang perlu diwaspadai itu?

 

Mereka Berorientasi Pada Kesenangan

Pada dasarnya orang kreatif tidak akan mengambil pekerjaan yang tidak bisa mereka nikmati, karena orang kreatif menganggap pekerjaannya adalah hidupnya. Itulah sebabnya orang kreatif ingin pekerjaan yang juga menyenangkan. Dalam banyak situasi orang kreatif itu bekerja dengan hobinya.

Mereka menginginkan pekerjaan yang memenuhi panggilan hidupnya. Selanjutnya karakter apa lagi yang harus diwaspadai dari orang yang kreatif? Simak di artikel selanjutnya.

Pencarian Terbaru: