Inilah Hal-hal yang Perlu Diwaspadai oleh Orang-Orang Kreatif

Orang kreatif yang menyukai hal-hal yang sifatnya tidak monoton itu terasa menyenangkan karena fleksibilitasnya. Tapi ternyata ada juga hal-hal yang perlu diwaspadai oleh orang-orang kreatif. Apa saja hal-hal itu?

Mereka Suka Mempertanyakan Aturan

Orang kreatif itu tidak mau melakukan hal-hal hanya untuk ‘dianggap umum’. Mereka mungkin akan berpikir: mengapa harus mengikuti suatu aturan kalau hal itu hanya membatasi diri? Orang kreatif berani untuk melihat jauh di balik aturan yang ada.

 

Gampang Merasa Bosan

Kebosanan orang kreatif adalah kebosanan yang menantang dan menggerakkan dirinya untuk menemukan hal baru, dengan mendayagunakan sumber-sumber, potensi, dan kemampuannya. Kebosanan ini bisa jadi awal yang baik untuk sebuah inovasi.

 

Kadang Terlalu Banyak Bermimpi

Pemimpi sering diejek karena dianggap terlalu jauh dari realita untuk mencapainya. Namun hanya orang-orang yang berani untuk ‘terbang’ melewati angkasa yang bisa menentukan solusi untuk masalah-masalah di muka bumi. Untuk berpindah ke bagian bumi yang lain juga butuh melewati angkasa dulu.

Bermimpi bukanlah penghambat dari kesuksesan. Justru mimpi adalah bahan bakar untuk kesuksesan. Orang-orang kreatif hanya perlu waktu dan dukungan. Selebihnya tergantung pada mindset diri untuk memperkuat keyakinannya.

 

Bermain-main dengan Risiko

Banyak orang menghindari risiko, sehingga secara tidak sadar mereka terjebak dalam rutinitas sama yang melelahkan dalam waktu yang lama. Sementara itu orang-orang berani mengambil jalan yang jarang orang-orang tempuh. Itu kalau dilakukan terus-menerus bisa menimbulkan risiko yang berbeda-beda dan mungkin akan memetik hasil berbeda pula. Orang kreatif bahkan siap mengorbankan waktunya untuk mengeksplorasi tempat-tempat dan ide-ide baru.

Orang-orang melihat orang kreatif mengambil keputusan seperti sedang main tebak-tebakan. Namun orang kreatif memandangnya sebagai petunjuk. Mereka memiliki kekuatan untuk mempercayai intuisinya dan mengikuti apa yang terasa benar, bukan apa yang terlihat benar.

 

Memanjakan Imajinasi secara Liar

Orang kreatif memandang imajinasi sebagai usaha untuk menjaga passionnya tetap hidup. Sementara itu, orang lain seringnya melihat orang kreatif yang imajinatif itu tidak bisa fokus karena pikirannya selalu ‘sibuk’.

Albert Einstein pernah mengatakan bahwa ‘imajinasi lebih penting dari angka-angka’, tapi bagaimana kalau kita terlalu memanjakan imajinasi? Pada awalnya mungkin baik-baik saja efeknya, apalagi dalam membuat karya yang butuh daya khayal tinggi. Tapi ketika imajinasi tidak diatur secara seimbang dan proporsional, bisa-bisa kita malah jadi terlalu liar. Kadang bisa juga jadi tidak fokus karena kebanyakan ide.