Pola Tidur Anda Tidak Teratur

 


Ada beberapa alasan yang menjadi penyebab mengapa Anda bangun di tengah malam. Ketika pola tidur Anda tidak teratur, ini bisa menjadi sinyal peringatan bahwa Anda mungkin perlu mengubah kebiasaan tidur Anda. Mudah-mudahan beberapa strategi di bawah ini bisa membantu.

 

1.Mengelola Stres

Pernahkah Anda mendapati diri Anda di tempat tidur, mencoba untuk tidur, tapi masih memikirkan sesuatu atau pertemuan yang Anda inginkan besok-besok? Waktu berjalan tanpa peduli perasaan Anda. Tahun berganti, tren berganti, tantangan menunggu untuk kita hadapi, entah secara sadar atau tidak pada hal ini. Itu bisa membuat kita tidak bisa tidur nyenyak atau tetap terbangun di tengah malam.

Kemungkinan stres pasti ada karena berbagai aktivitas. Mungkin Anda mengalami hari yang berat di kantor atau di tempat lain, sampai Anda terpikirkan sebelum tidur. Jika tidak benar-benar mengelola stres, Anda akhirnya berbaring di tempat tidur selama berjam-jam tapi tidak tenang.

 

2.Bekerja Sampai Jam Tidur

Anda memiliki 24 jam dalam sehari dan Anda ingin memaksimalkannya. Terkadang Anda bekerja sampai larut malam. Ketika otak secara aktif terlibat dalam aktivitas atau pekerjaan mental, otak biasanya menghasilkan gelombang otak ‘beta’, yang membuat kita tetap ‘fokus dan waspada’ terhadap tugas yang ada.

Tetapi sayangnya ‘fokus dan waspada’ justru cenderung membuat tidur yang tidak nyenyak. Butuh waktu bagi otak untuk bertransisi dari fase siaga ke fase istirahat. Segera setelah Anda mematikan komputer atau menyelesaikan panggilan, beranjaklah ke tempat tidur, berharap mendapatkan pemulihan pada diri.

 

3.Hindari Gadget Sebelum Tidur

Teknologi modern telah memudahkan kita mengakses media sosial, film, podcast, website, dan kebutuhan informasi lainnya. Semua itu tersedia dalam 24 jam sehari. Ternyata kemajuan teknologi ini dapat berdampak negatif pada kemampuan otak kita untuk tidur secara optimal. Cahaya dari layar LED seperti smartphone, komputer, dan televisi memiliki kepadatan cahaya spektrum biru yang tinggi.

Cahaya dari smartphone Anda sebelum tidur dapat secara tidak sadar memicu otak Anda untuk berpikir bahwa seolah-olah waktu berlangsung lebih awal daripada yang sebenarnya. Misalnya saat sudah jam 12 malam, rasanya masih jam 9 dan belum mengantuk. Jadi Anda harus melakukan apa? Hindari semua penggunaan gadget itu, setidaknya satu jam sebelum tidur.



VIDEO (VLOG) COACH EDWIN


Jangan lewatkan menonton video dari Coach Edwin tentang Life, Spiritual dan Bisnis. Tekan tombol berikut pada video dibawah untuk memilih judul Vlog yang Anda ingin lihat.

playlist VLOG

download ebook

jadwal seminar