menghadapi pelanggan yang rewel

Kebanyakan orang akan melakukan tawar menawar ketika belanja di lapak-lapak yang didatanginya, karena setiap orang tentu ingin mendapatkan harga termurah. Aktivitas ini juga bisa dikatakan bahwa seni dalam jual beli. Kegiatan tawar menawar itu jugalah yang membuat pasar menjadi lebih hidup.

Beragam metode menjual telah dikembangkan, tapi kadang itu seperti tidak mempan untuk menyikapi pelanggan yang ‘rewel’ alias banyak maunya. Sehingga kita tetap butuh cara khusus. Jadi bagaimana cara menghadapi pelanggan yang ‘rewel’?

Negosiasi yang Baik

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan oleh para penjual, salah satunya kemampuan negosiasi. Hal itu bertujuan untuk menghindari kesalahan yang berakibat buruk untuk proses penjualan itu sendiri. Ketika Anda mempertahankan harga, maka Anda telah menegaskan kepada konsumen bahwa harga produk yang Anda jual memang sudah pantas dengan harga yang Anda tawarkan tadi.

Tawarkan Diskon atau Promo Menarik

Pelanggan manapun akan senang diberikan penghargaan, meskipun bentuknya kecil. Temukan hal-hal yang bisa diberikan ke pelanggan Anda, khususnya pelanggan lama untuk membuat mereka merasa dipehatikan. Hampir semua perusahaan setuju mempertahankan pelanggan jauh lebih murah dibandingkan, mencari pelanggan baru. 

Menurut Susan Scott, penulis buku “Fierce Conversations and Fierce Leadership”, menarik kembali pelanggan lama adalah hal yang lebih mudah jika dibandingkan dengan mendatangkan pelanggan baru.

Kepuasan pelanggan Anda adalah aspek penting untuk diperhatikan karena hal itu bisa membuat bisnis Anda berkembang. Bahkan, cara Anda memperlakukan pelanggan itu bisa membuat bisnis Anda bertahan lama.

Berikan Harga yang Rasional

Tidak dipungkiri buat para pedagang (khususnya yang berjualan secara offline) pasti sering menghadapi pembeli yang menawar dengan sadis, katakanlah separuh harga. Agar ‘aman’, coba Anda naikkan menjadi ¾ harga. Kalau memang calon pembeli itu ada niat beli, maka logikanya dia akan bersedia menaikkan harga. Atau paling tidak dia minta harga pas.

Setelah itu  beri dia harga pas dengan margin minimal yang anda sanggup terima. Sekadar informasi, margin retail 30-40%. Tapi kalau dia nego lagi dari minimal margin, sebaiknya jangan diberikan kecuali dia akan membeli dengan kuantitas minimal 3 pcs barang yang sama, sedangkan margin grosir 15-20%.

    Tertarik mengembangkan skill jualan Anda dan bisa dengan tepat menghadapi pembeli yang rewel?

Nantikan seminar Hypnoselling : “Rahasia Menjual tanpa Banyak Bicara” dari iBizCOACH pada tanggal 27 September 2017. Info lebih lanjut: 0811-265-2244.