Investasi Ilmu pada Diri Sendiri

 


Sejak masih muda kita perlu memiliki pemahaman dan motivasi bahwa kehidupan yang kita jalani ini ada potensi untuk ‘naik turun’. Itulah mengapa kita perlu bersiap-siap dengan bekal yang dipupuk sejak awal. Satu upaya untuk memupuk bekal itu adalah dengan berinvestasi.

Bicara tentang investasi yang dilakukan sebuah perusahaan, tentu itu tak lepas dari keterampilan sumber daya manusianya. Tujuannya adalah menjaga kondisi keuangan perusahaan yang ‘aman’ dan meningkatkan performa yang cemerlang.

Satu hal yang perlu dipahami adalah bahwa keseluruhan jajaran operasional perusahaan pun akan mengalami efek dari investasi. Sebelum berinvestasi, pastikan investasi itu aman dan punya potensi berkembang. Tapi investasi juga dilakukan dalam lingkup lebih kecil, bahkan individu.

 

Investasikan Diri Anda

Selain investasi pada harta benda seperti emas, properti, deposito berjangka, saham, reksa dana, ataupun obligasi, ada satu yang tidak boleh kita lupakan. Jangan lupa untuk investasikan diri Anda juga. Ya, dalam konteks yang tidak bersifat teknis, kita semua bisa berinvestasi pada diri sendiri. Seperti kata sebuah pepatah klasik; The most important investment you can make is in yourself. Apa yang dimaksud dengan investasi pada diri sendiri? dan bagaimana caranya?

 

Menambah Ilmu dan Wawasan

Tentunya kita tidak berpikir tentang peningkatan nilai yang diukur dengan uang. Investasi pada diri sendiri adalah tentang menambah ilmu dan wawasan atau skill tertentu. Anda bisa ikuti seminar, workshop, training, kompetisi, atau event lainnya.

Pada saat wawasan bertambah, pikiran kita lebih kritis, ide pun lebih cepat mengalir, dan tinggal mempraktikkan pada saat dibutuhkan. Investasi pada diri sendiri juga membutuhkan sejumlah uang yang dipakai untuk biaya belajar. Misalnya biaya seminar bisnis. Uang yang Anda bayarkan untuk meningkatkan ilmu dan wawasan itu bisa lebih tinggi nilainya dari barang barang konsumtif.

Investasi pada diri sendiri tidak akan merugi karena bisa memberikan timbal balik yang berguna dalam waktu yang lama. Karena ilmu dan wawasan adalah hal yang tidak bisa diambil orang lain dari diri Anda. Justru bisa dibagikan lagi ke orang banyak. Jadi, apa yang sudah Anda lakukan untuk investasi pada diri sendiri?



VIDEO (VLOG) COACH EDWIN


Jangan lewatkan menonton video dari Coach Edwin tentang Life, Spiritual dan Bisnis. Tekan tombol berikut pada video dibawah untuk memilih judul Vlog yang Anda ingin lihat.

playlist VLOG

download ebook

jadwal seminar