Tiga hal yang paling awal yang harus Anda lakukan ketika akan merintis bisnis di antaranya adalah menyiapkan modal, segmentasi pasar, dan membangun tim. Tapi selain itu ada lagi yang tidak kalah penting yaitu membangun personal branding.

Peran utama personal branding yaitu bagaimana menciptakan persepsi atau penilaian orang terhadap diri kita secara personal. Yang pasti, membangun personal branding tidak bisa dilakukan dalam waktu singkat karena memerlukan kerja keras, usaha, dan konsistensi.

Sebagai pengusaha, khususnya online penting sekali untuk meningkatkan personal branding. Personal branding itulah yang meningkatkan penjualan produk Anda. Semakin orang lain mengenal siapa Anda dan apa keahlian Anda, maka semakin Anda dipercaya. Begitu juga dengan produk yang Anda jual. Ketika orang telah mengenal baik dan percaya pada Anda, mereka akan lebih mudah menjadi pelanggan Anda yang loyal.

Mendatangkan Kepercayaan (Trust)

Kepercayaan bagi orang dalam kehidupan sehari-hari yang saling terhubung satu sama lain ini adalah hal yang sangat penting. Begitu juga sebuah usaha, kepercayaan itu adalah segalanya, karena kepercayaan ini menyangkut nama baik pemiliknya. Dengan memiliki personal branding yang baik, orang akan dengan senang hati untuk bekerja sama. Ketika kepercayaan sudah terbangun, maka konsumen Anda pun dengan senang hati mempromosikan apa yang Anda jual.

Lebih Mudah Membangun Jaringan

Jaringan yang Anda punya menetukan seberapa luas seberapa besar bisnis Anda akan terbangun. Oleh karena itu, dengan personal branding yang baik, kamu dapat lebih mudah membangun jaringan bisnis. Semakin luas jaringan bisnis yang dibangun, maka produkmu akan dengan mudah dikenal oleh pelanggan lain yang tersebar di seluruh dunia. Selain itu, prestise perusahaan pun akan naik seiring bertumbuhnya jumlah pelanggan yang menggunakan produk bisnismu.

Mencerminkan Nilai-Nilai Kepribadian Anda

Personal branding yang Anda bangun akan mencerminkan nilai-nilai kepribadian, keahlian, dan kualitas Anda, dan itulah yang membuat dirimu berbeda dari orang lain. Terus lakukan yang terbaik untuk bisnis Anda sehingga branding dapat terbangun dalam diri Anda. Bidang usaha apapun yang Anda lakukan, membangun personal branding itu tidak bisa terlepaskan.

 

Tertarik mengembangkan networking Anda dan membangun personal branding? Ikuti seminar “Be a Great Sales” tanggal 23 Agustus 2017 di The Sunan Hotel Solo. GRATIS! Hanya untuk 50 peserta. Untuk para pengusaha, marketing & sales.