Perbedaan Online Shop, Marketplace, dan E-Commerce

 

Belanja online di zaman sekarang menjadi semacam lifestyle bagi masyarakat modern. Sebagai pembeli, kemudahan mendapatkan barang-barang yang dibutuhkan tanpa harus keluar rumah tentu menjadi kesenangan tersendiri. Hanya dengan modal koneksi internet, kita bisa memilih produk yang cocok untuk kita beli.

Yang perlu diketahui, bahwa ternyata ada beberapa macam sistem yang diberlakukan oleh penjual online. Ada yang memfasilitasi tombol ‘klik’ satu kali untuk membeli dan ada pula yang memberlakukan sistem tanya jawab. Tren yang berkembang di sekitar kita barangkali mengerucut ke satu nama yaitu ‘online shop’ untuk semua aktivitas belanja online. Padahal, ada lagi sistem lain yaitu e-commerce dan marketplace. Lalu apa bedanya online shop, marketplace, dan e-commerce,?

 

Pengertian dari Online Shop

Online shop atau yang disebut dengan toko online adalah sistem belanja online di mana pembeli bisa menanyakan soal harga atau pertanyaan apapun terkait produk yang akan dibeli kepada penjual secara langsung. Pertanyaan itu dapat disampaikan melalui media sosial pemilik toko.

 

Pengertian dari Marketplace

Marketplace juga masih melibatkan online shop. Pada sistem ini, sebuah website menyediakan lahan, lapak, atau tempat  bagi para penjual untuk menjual produk-produknya. Di website inilah pembeli akan menemukan produk dari penjual yang berbeda. Di sana ada juga beberapa penjual dari online shop.

Setiap produk yang ditawarkan pada website tersebut telah diberikan penjelasan dan spesifikasi terkait kondisi produknya. Pembeli pun dapat langsung klik tombol “beli”, setelah itu melakukan transfer sejumlah harga yang tercantum. Contoh dari marketplace diantaranya adalah Tokopedia, BukaLapak, Lazada, dll.

 

Pengertian dari E-Commerce

Hampir sama dengan marketplace, sistem belanja e-commerce memungkinkan pembeli memilih produk yang diinginkan pada sebuah website. Setelah menemukan, kemudian mengklik tombol “beli” dan melakukan transfer sejumlah harga yang tercantum.

Yang menjadi perbedaan antara e-commerce dan marketplace adalah, pada e-commerce produk yang dijual berasal dari website itu sendiri dan tidak membuka lapak bagi para penjual lain untuk menawarkan produk mereka.

Jadi, lebih efektif mana dari ketiga sistem tersebut untuk berbelanja? Hal ini tentu saja disesuaikan dengan kebutuhan. Sebelum belanja, jangan lupa untuk memastikan online shop, marketplace, atau e-commerce tersebut bisa dipercaya.