Ini Alasannya Mengapa Anda Perlu Memiliki Relasi Bisnis yang Luas

 

Dalam berbagai bidang kehidupan, kita tidak bisa hidup sendiri. Dalam membangun usaha, apalagi. Harus ada relasi ataupun partner yang bisa diajak kerjasama. Dengan bertambahnya koneksi dalam menjalankan usaha, tentu ada banyak keuntungan yang diperoleh. Ada beberapa alasan mengapa Anda perlu memiliki relasi yang luas.

 

Agar Lebih Banyak Orang yang Percaya

Dengan mengenal Anda, orang akan menaruh kepercayaan lebih kepada Anda. Anda dapat memberikan masukan kepada orang yang membutuhkan sesuatu dari bidang Anda seperti apabila Anda menjual jasa travel agent, Anda dapat menyarankan pada relasi Anda yang ingin melakukan kegiatan piknik yang cocok untuk mereka. Dan sebaliknya, Anda dapat mendapatkan berbagai informasi yang berguna untuk kehidupan personal dan bisnis Anda.

 

Menemukan Orang yang ‘Senasib’

Di antara sekian banyak relasi itu, tentu ada yang senasib. Maksudnya adalah Anda mungkin akan menemukan orang yang menghadapi persoalan bisnis yang hampir sama dengan apa yang sedang Anda alami. Anda dapat mengambil contoh bagaimana mereka menyikapi masalah tersebut dan menerapkannya dalam usaha Anda sendiri. Maka, Anda akan mendapatkan diri Anda jauh lebih percaya diri dalam mengambil keputusan.

 

Bersikap Terbuka pada Saran dan Kritik

Setiap orang pasti sangat senang ketika usahanya dihargai. Sebagian orang begitu senang mendapat pujian. Kamu juga seperti itu kah? Dan sebaliknya, pasti pernah mendapat kritikan dari orang-orang terdekat atau bahkan dari orang-orang yang kita tidak kenal. Wajar saja kalau kita merasa tidak senang ketika ada orang lain yang memberikan komentar atau kritik. Tapi seringkali tidak disadari bahwa nilai sebuah kritikan sangat besar. Sebuah kritikan bisa memberi manfaat yang meningkatkan pencapaian dalam hidup.

Kenyataannya, ketika Anda mengenal lebih banyak orang, Anda tidak akan pernah tahu apakah Anda dapat menolong orang tersebut dimasa depan ataupun sebaliknya. Jangan sampai menutup diri dari peluang baru dari dunia luar. Ketika kita menutup diri untuk berkomunikasi dengan yang lain, bukankah kesempatan yang kita dapatkan akan menjadi sangat terbatas? Dengan mengenal banyak pribadi lain, pikiran Anda akan menjadi lebih terbuka dan mengetahui akan adanya kesempatan baru yang dapat Anda raih.