Yakin Produk dan Layanan Bisnis Anda Diminati Konsumen? Perhatikan yang Satu Ini

Diposting pada

Yakin Produk dan Layanan Bisnis Anda Diminati Konsumen

 

Apakah produk atau layanan bisnis Anda berbeda dan lebih baik daripada pesaing? Apakah sudah pasti diminati konsumen? Sebelum Anda mulai menjual produk atau layanan Anda kepada orang lain, ada faktor atau pertimbangan tertentu yang memastikan bahwa konsumen memang berminat.

 

Apa yang Membuat Bisnis Anda Unik?

Kenyataannya, sangat sedikit bisnis yang unik. Lihat saja di sekitar Anda: berapa banyak penjual pakaian online, toko hardware komputer, pembuat AC, dan listrik yang benar-benar unik?Bagaimana Anda dapat menargetkan upaya penjualan dengan sukses, kalau Anda belum menentukan dengan tepat apa yang membuat bisnis Anda unik di dunia para pesaing yang homogen? Kunci penjualan efektif dalam situasi ini adalah apa yang disebut dengan Unique Selling Proposition (USP).

 

Tentunya Ini Membutuhkan Kreativitas

Menentukan keunikan bisnis Anda tentunya membutuhkan kreativitas dan upaya yang relatif lebih keras. Untuk memulainya, coba analisis bagaimana perusahaan lain menggunakan USP untuk keuntungan mereka. Ini membutuhkan analisis yang cermat terhadap iklan dan pesan pemasaran perusahaan lain. Jika Anda menganalisis apa yang mereka katakan mereka jual, bukan hanya karakteristik produk atau layanan mereka, Anda dapat belajar banyak tentang bagaimana perusahaan membedakan diri mereka dari pesaing. Poin ini semestinya dipahami betul oleh marketing dan salesperson profesional

Suatu bisnis dapat menentukan keunikannya pada karakteristik produk, harga, lokasi dan distribusi, atau strategi promosi (product, price, position, dan promotion). Inilah yang oleh pemasar disebut “4P pemasaran” yang bisa membedakannya dari pesaing.

Terkadang sebuah perusahaan fokus pada satu strategi tertentu, yang juga menggerakkan strategi di bidang lain. Sebagai contoh, Charles Revson, pendiri Revlon, selalu mengatakan dia menjual harapan, bukan makeup. Beberapa maskapai penerbangan menjual layanan yang ramah, sementara yang lain menjual layanan tepat waktu. Neiman Marcus menjual barang mewah, sementara Wal-Mart menjual barang murah. Masing-masing adalah contoh dari perusahaan yang telah menemukan kuncinya untuk mengambil strategi pemasarannya yang tepat.

 

Cara meningkatkan Unique Selling Proposition?

Salah satu cara meningkatkan Unique Selling Proposition Anda dan menempatkan diri Anda pada posisi pelanggan. Tidak jarang seorang pengusaha terlalu yakin dengan produk atau layanan mereka dan lupa bahwa itu adalah kebutuhan pelanggan, bukan demi kepuasan diri sendiri.

Cermatlah memeriksa apa yang benar-benar diinginkan pelanggan Anda. Ingat, harga tidak pernah menjadi satu-satunya alasan orang membeli. Ketahui apa yang memotivasi perilaku pelanggan dan keputusan pembelian. Jika pesaing Anda mengalahkan Anda pada harga karena mereka lebih besar, Anda harus menemukan fitur penjualan lain yang memenuhi kebutuhan pelanggan dan kemudian membangun upaya penjualan dan promosi Anda di bagian itu.




VIDEO (VLOG) COACH EDWIN


Jangan lewatkan menonton video dari Coach Edwin tentang Life, Spiritual dan Bisnis. Tekan tombol berikut pada video dibawah untuk memilih judul Vlog yang Anda ingin lihat.

playlist VLOG

download ebook

jadwal seminar