Mengenal Profesi Social Media Specialist dan Siapa Saja yang Membutuhkan Jasanya

 

Ada beberapa pekerjaan baru yang bermunculan seiring kemajuan teknologi beberapa tahun terakhir. Profesi social media specialist misalnya, yang belakangan muncul akibat tren generasi milenial yang suka eksis di internet. Ada berbagai variasi jabatan dari social media specialist. Apa saja? Admin Social Media, Social Media Manager, Social Media Officer, dan lain-lainnya.

 

Mengapa Social Media Specialist Dibutuhkan?

Sebagaimana kita tahu, kekuatan media sosial bisa membentuk persepsi masyarakat dan menciptakan tren tertentu. Maka dari itu, semakin mudah dipahami bahwa kekuatan media sosial juga banyak dimanfaatkan oleh perusahaan sebagai cara untuk menarik perhatian konsumen. Hampir setiap perusahaan, baik besar maupun kecil, sekarang memiliki akun media sosial yang dijalankan oleh orang-orang yang khusus menangani akun media sosial.

 

Tidak Sekadar Aktif di Media Sosial

Istilah social media specialist kadang terdengar sebagai peran yang sepele karena ‘hanya’ mengurusi media sosial. Kenyataannya pekerjaan ini tidaklah mudah. Belum tentu semua orang yang aktif di media sosial berpotensi menjadi social media specialist.

 

Jadi, Apa Tugas dari Social Media Specialist?

Pada intinya, seorang social media specialist di perusahaan memiliki tanggung jawab untuk memegang kendali semua aktivitas jejaring sosial sebuah perusahaan tersebut. Tidak hanya sebatas upload foto atau menulis status saja, setiap langkah yang diambil seorang social media specialist akan menentukan apakah konten yang diposting meraih audiens yang tepat dan memberi efek yang diinginkan.

Social media specialist jug mengkalkulasi penempatan konten secara strategis. Apa maksudnya? Untuk media sosia yang berbeda, gaya penyajian kontennya pun berbeda. Karena itulah, seorang social media specialist juga perlu untuk memiliki kemampuan komunikasi yang baik, memiliki kepekaan terhadap perkembangan tren terkini, memahami trik dasar marketing, dan memiliki sikap kreatif.

Beberapa tanggung jawab yang perlu dipenuhi oleh social media specialist antara lain; mengamati, menganalisis, dan mengevaluasi interaksi dengan audiens di berbagai media sosial, memperkuat identitas brand, mempelajari cara kerja kompetitor, dan juga membentuk personal connection dengan audience atau klien.

Tidak hanya dibutuhkan di perusahaan, jasa social media specialist yang kompeten juga banyak dibutuhkan oleh individu, terutama public figure yang ingin memperkuat branding dirinya.

 

Halo sahabat bisnis, ikuti seminar kami:

30 Oktober 2018 di Novotel Hotel Solo

Rahasia Besar Jualan Jaman Now

INFO : 08112652244

DAFTAR YUK !!

 

 

Halo sahabat bisnis, ikuti seminar kami:

30 Oktober 2018 di Novotel Hotel Solo

Rahasia Besar Jualan Jaman Now

INFO : 08112652244

DAFTAR YUK !!