Pentingnya Riset Karakteristik Segmen Pasar untuk untuk Tingkatkan Penjualan

 

Marketing dan sales. Sebenarnya pemahaman dari keduanya adalah berbeda. MARKETING lebih pada strategi bagaimana menemukan segmen pasar dan menggiringnya untuk berminat atas produk atau jasa Anda dan hasilnya adalah prospect. Sedangkan SALES adalah kemampuan mengubah prospect menjadi customer dan menghasilkan apa yang dikenal sebagai penjualan.

Tetapi sekarang antara marketing dan sales adalah dua hal yang tak dapat dipisahkan. Seorang MARKETING harus tahu cara menjalin hubungan dengan konsumen layaknya sales, sementara seorang SALES harus memahami makna di balik pesan yang telah dibuat oleh tim marketing.

 

Riset Karakteristik Segmen Pasar

Lakukan riset mendalam tentang KARAKTERISTIK segmen pasar yang Anda bidik. Tidak hanya USIA, GENDER, PENDAPATAN, TEMPAT TINGGAL, tapi juga apa MINAT serta bagaimana PERILAKU mereka. Anda juga harus MENGETAHUI JALUR TERBAIK yang bisa digunakan untuk BERHUBUNGAN dengan segmen pasar yang Anda bidik.

 

Berikutnya Mengenali Kebutuhan Segmen Pasar

Anda perlu MENGENALI KEBUTUHAN segmen pasar yang Anda bidik. Tanyakan pada diri Anda sendiri APA MASALAH YANG DIMILIKI oleh segmen pasar yang Anda bidik, yang bisa ANDA BANTU SELESAIKAN? Di sini ada kepahaman Anda harus dan selalu menjadi PROBLEM SOLVER atas masalah mereka.

MASALAH segmen pasar yang Anda bidik adalah FOKUS UTAMA Anda, dan STRATEGI yang Anda rancang sebagai PROBLEM SOLVING yang bertujuan untuk MEMUDAHKAN PENYELESAIAN MASALAH mereka.

 

Memperhatikan Momen Penting yang Mereka Alami

MEMAHAMI PROSES dan PENGALAMAN yang didapatkan oleh customer ketika mereka mencari produk Anda atau produk lain yang serupa. Perhatikan momen penting yang mereka alami, misalnya ;

  1. Ketika mereka mendapatkan masalah
  2. Ketika mereka mencari tahu cara menyelesaikan masalah
  3. Ketika mereka pertama kali tahu tentang brand Anda
  4. Ketika mereka mengunjungi toko Anda

Lakukan IDENTIFIKASI kejadian yang terjadi dalam momen penting ini, serta EMOSI YANG TERLIBAT. Setelah itu Anda perlu mengembangkan PESAN MARKETING yang tepat untuk momen yang tepat.

 

Bagaimana dengan IKLAN ?

Iklan untuk konsumen yang BELUM MEMILIKI KEBUTUHAN akan product atau jasa Anda, dengan iklan untuk KONSUMEN YANG SUDAH KENAL dengan brand Anda, tentu BERBEDA.

Untuk melatih kemampuan Anda dalam menjual saat membangun bisnis Anda sendiri, nantikan seminar Be a Great Sales pada bulan Oktober 2018 di Novotel Solo. Info lebih lengkap hubungi 08112652244.

 

Halo sahabat bisnis, ikuti seminar kami:

30 Oktober 2018 di Novotel Hotel Solo

Rahasia Besar Jualan Jaman Now

INFO : 08112652244

DAFTAR YUK !!

 

 

Halo sahabat bisnis, ikuti seminar kami:

30 Oktober 2018 di Novotel Hotel Solo

Rahasia Besar Jualan Jaman Now

INFO : 08112652244

DAFTAR YUK !!