Pentingnya Quality Time untuk Meraih Kebahagiaan dalam Keluarga dan Pekerjaan

 

Apakah Anda bersama keluarga punya agenda rutin untuk dilalui bersama tanpa terganggu urusan kerja? Seringkah Anda menyempatkan diri untuk berkumpul dengan keluarga untuk sekadar duduk-duduk, diskusi dengan topik tertentu, atau ngobrol santai?

 

Pentingnya Quality Time di Tengah Kesibukan

Menurut Gary Chapman dalam bukunya The Five Love Languages, ada momen spesial dengan pasangan yang disebut ‘quality time’. Quality time tidak sekadar duduk bersama sambil menonton acara favorit, atau pergi nongkrong berdua tapi sibuk dengan gadget masing-masing. Tujuan dari momen quality time ialah memberikan perhatian sepenuhnya pada pasangan.

Jadi, kalaupun ingin menghabiskan waktu berdua di depan televisi, biarkan televisi itu tidak menyala. Mulailah berbicara sambil menatap wajah satu sama lain. Begitu juga ketika sedang menyempatkan diri makan di restoran. Hal apa yang menjadi perhatian Anda? Apakah Anda fokus untuk ngobrol dengannya atau jangan-jangan malah lebih fokus pada harga menu yang dipilih? Karena alasan keluar itu tidak lain adalah untuk makan saja. Bandingkan dengan pasangan yang belum menikah atau bahkan yang masih masa PDKT, ketika ngedate mereka akan memperhatikan satu sama lain.

 

Seberapa Sering Anda Menyempatkannya?

Terlepas dari masalah duduk santai di rumah atau makan di luar, seberapa sering Anda melakukan itu? Terlebih ketika suami dan istri sama-sama sibuk bekerja di luar rumah, kondisinya tentu akan berbeda. Sebagian orang terlalu sibuk sehingga quality time hanya dilakukan pasangan saat bermasalah. Sebenarnya untuk mendapatkan quality time yang membahagiakan.

Sebatas menceritakan suasana sehari tadi juga bisa menjadi quality time yang efektif. Yang terpenting adalah momen rileks, saat di mana keluarga bisa berkumpul, saling berkomunikasi tentang sesuatu hal yang bermanfaat. Bagi pasangan yang telah memiliki anak, quality time bisa digunakan untuk membicarakan kebutuhan sekolah anak.

 

Tidak Harus ke Tempat Spesial

Pada akhir pekan pertama setiap bulan coba pergi  makan ke restoran. Tentu ini menyenangkan untuk relaksasi setelah menjalani rutinitas sehari-hari. Makanan, minuman, serta percakapan yang santai bisa menjadi pengalaman menyenangkan bagi keluarga. Menonton film ke bioskop bisa menjadi pilihan hiburan yang menarik untuk menghabiskan waktu bersama keluarga.

Tidak masalah apa filmnya, tapi ada banyak momen tercipta dari berangkat, di bioskop, dan saat perjalanan pulang. Tapi ingat, tidak perlu memaksakan diri ke tempat-tempat jauh dan mahal jika kebahagiaan itu bisa didapat di tempat yang dekat. Bukankah tidak masalah pergi ke mana, tapi dengan siapa?

Halo sahabat bisnis!

Ada seminar hari Selasa,

Tanggal 24 September 2018.

Seminar apa ya?

Align Couple For Business.

Seminar khusus suami-istri.

Seat Terbatas. Daftar Yuk!

Halo sahabat bisnis!

Ada seminar hari Selasa,

Tanggal 24 September 2018.

Seminar apa ya?

Align Couple For Business.

Seminar khusus suami-istri.

Seat Terbatas. Daftar Yuk!