Mengapa Respek kepada Pelanggan Itu Sangat Penting? Ini Alasannya

Diposting pada



Mengapa Respek kepada Pelanggan Itu Sangat Penting

Seberapa penting posisi pelanggan di dalam bisnis yang Anda jalani? Bisa dikatakan bahwa pelanggan merupakan bagian tak terpisahkan dari kegiatan bisnis Anda. Mereka  bukan ‘orang asing’ bagi bisnis Anda, melainkan orang-orang yang perlu Anda perhatikan. Hubungan baik dengan pelanggan juga merupakan bentuk dari layanan (service) terbaik kepada orang-orang yang berjasa dengan Anda. Respek kepada pelanggan sangat penting karena alasan-alasan di bawah ini;


Membantu Anda Memenangkan Persaingan

Salah satu alasan mengapa Anda harus menaruh respek kepada pelanggan adalah karena merekalah sebab terjadinya perputaran uang pada usaha Anda. Artinya, bisnis Anda tidak mungkin berjalan tanpa peran mereka. Pelanggan menjadi pihak yang sangat perlu mendapat respek karena mereka menjadi ‘penyelamat’ jika ada brand lain yang lebih kompetitif.

Pelanggan Memberi Masukan untuk Perbaikan

Ada saatnya pelanggan merasa kecewa. Menanggapi komplain (complaint handling) pelanggan kecewa juga merupakan bentuk respek kepada pelanggan. Kekecewaan pelanggan bisa terjadi karena kualitas produk yang tidak sesuai dengan harapan, atau juga karena pelayanan kurang baik. Seperti umumnya penjual, tentunya Anda akan memberikan informasi semenarik mungkin, meskipun sebenarnya Anda menyadari kekurangan pada produk Anda. Sebisa mungkin jujurlah kepada pelanggan Anda, bukan mengada-ada atau manipulasi. Terimalah dengan senang hati ketika pelanggan memberi masukan untuk perbaikan.

Membantu Mereka Memenuhi Kebutuhan

Saat Anda melakukan branding, tujuan utamanya adalah agar produk Anda dikenal dan mendapat kepercayaan. Maka dari itu, Anda sebagai penjual harus menjawab kepercayaan itu dengan respek yang besar melalui peningkatan kualitas produk dan layanan yang bisa diberikan.

Pastikan untuk selalu siap membantu konsumen yang sudah menjadi pelanggan Anda. Cari tahu apa yang mereka butuhkan. Jika ternyata Anda belum punya produk yang mereka cari, maka Anda bisa memberikan rekomendasi di mana bisa mendapatkannya.

 

Dalam proses menghadapi pelanggan, tentunya ada sejumlah situasi yang tidak mudah dan membutuhkan strategi khusus. Ikuti seminar bisnis Be a Magician Sales di Novotel Solo pada tanggal 22 November 2017. Info lengkap hubungi 08112652244.




VIDEO (VLOG) COACH EDWIN


Jangan lewatkan menonton video dari Coach Edwin tentang Life, Spiritual dan Bisnis. Tekan tombol berikut pada video dibawah untuk memilih judul Vlog yang Anda ingin lihat.

playlist VLOG

download ebook

jadwal seminar