Inilah Rumus Hidup Kaya ala Milyuner Hong Kong yang Bisa Anda Pelajari

Selalu ada yang menarik untuk dipelajari dari kehidupan orang-orang sukses di dunia. Kali ini kita akan membahas tentang prinsip hidup seorang milyuner Hong Kong bernama Li Ka-Shing yang dulunya merintis usaha dari nol, bahkan, ia memulai karis bisnisnya dengan menjadi karyawan di pabrik plastik.

Tapi kita tidak sedang membahas kisah heroiknya, melainkan tentang bagaimana mengatur keuangan. Katakanlah seseorang memiliki penghasilan Rp 4.000.000,00. Berikut ini adalah pembagiannya.

30% untuk biaya hidup

Katakanlah misalnya Anda hidup di kota dengan pengeluaran kurang lebih Rp.40.000 per hari. Jika ditotal sebulan menjadi Rp. 1.200.000 atau 30% untuk biaya hidup. Usahakan menggunakan transportasi umum atau yang lebih murah. Saat masih muda, tubuh kita tidak akan bermasalah dengan makanan yang seadanya.

20% untuk Kebutuhan Sosial

20% dari Rp 4.000.000 adalah Rp. 800.000. Gunakan untuk kebutuhan sosial, anggarkan Rp. 200.000 untuk pulsa telepon. Bisa dikatakan ini adalah harga pertemanan. Yang perlu diingat adalah ini adalah pertemanan yang membantu Anda dalam karir. Kalau perlu, buatlah suatu kesempatan yang membuat Anda harus mentraktir mereka. Langkah ini penting untuk memperluas lingkaran pertemanan Anda.

15% untuk Keperluan Belajar

Belajar bukan hanya di sekolah atau kampus saja. Usahakan untuk menyisihkan anggara Rp 600.000 untuk beli buku dan juga mengikuti kursus atau workshop. Hal itu tidak saja bermanfaat untuk mendapatkan ilmu, namun juga bisa mendapatkan networking yang baru.

10% untuk Liburan

Liburan memang terlihat seperti aktivitas menghabiskan uang, tapi ternyata liburan bisa menjadi sesuatu yang membuat Anda makin kaya secara pengalaman. Itualah mengapa Anda perlu menganggarkan Rp. 400.000 atau 10% untuk berlibur, khususnya ke luar negeri. Selain untuk menyegarkan pikiran, liburan ke luar negeri akan membuka mata Anda mengenai dunia di luar. Anda perlu jalan-jalan ke luar negeri minimal sekali setiap tahun.

25% untuk Investasi

Usahakan untuk berinvestasi pada hal kecil, seperti membeli barang grosiran dan menjualnya secara ritel. Terlepas dari keuntungan finansial, pengalaman yang didapatkan dari berdagang akan sangat berharga dalam hidup. Ketika berhasil, sisihkan keuntungan untuk investasi jangka panjang agar keuangan Anda dan keluarga terjamin di masa depan.

 

Ketika sudah memiliki pengaturan keuangan seperti itu, pertahankan kelima rasio tersebut dan Anda akan mulai memiliki kelebihan uang. Ini adalah rumus hidup kaya untuk siklus kehidupan yang lebih baik.