Mengapa Sebagian Besar Usaha Kecil Gagal

 


Banyak tips menjadi sukses di dunia bisnis, tapi harus diakui bahwa sebagian besar bersifat teoritis. Sementara itu, yang benar-benar punya pengalaman jatuh bangun di lapangan akan menyampaikan sesuatu yang sayangnya tidak selalu bisa diterima dengan senang hati oleh para pemula. Kenyataannya memang perjalanan menjadi pemilik usaha alias entrepreneurial journey itu betul-betul menantang.

Secara teknis, kita akan dihadapkan pada pertanyaan: haruskah kita mendistribusikan produk kita terlebih dahulu, atau haruskah kita beriklan dulu? Jika yang Anda jual itu berupa barang. Berhenti sejenak dan tanyakan pada diri sendiri.

Apapun langkah Anda, kemungkinan besar akan ada banyak orang yang melakukan apa yang Anda lakukan itu. Anda mungkin memulai bisnis dengan ‘cara tradisional’ dan proses yang sangat berisiko:

 

Apakah Anda Melakukan Langkah Seperti Ini?

Pertama-tama Anda punya ide. Kemudian Anda berinvestasi ke dalam ide tersebut supaya berkembang. Anda lalu mengembangkan ide tersebut. Barulah setelah itu menemukan pasar untuk produk tersebut. Bagaimana kalau ternyata itu salah?

Karena sekian banyak orang sudah belajar dengan cara yang sulit, membuat kesalahan yang sama, dan ini beberapa kali terjadi sepanjang mereka ada di dalam ‘perjalanan kewirausahaan’. Mestinya sebelum Anda memasarkan dan mendistribusikan produk Anda, Anda harus mengidentifikasi produk mana yang diinginkan pelanggan Anda. Anda harus memenuhi permintaan nyata, kebutuhan nyata pelanggan yang ada. Saran ini akan menghemat uang dan berpotensi bisnis baru Anda.

 

Apakah Budget Sudah Realistis?

Pemilik bisnis yang sukses harus memiliki kemampuan untuk manajemen risiko bisnis, sambil secara bersamaan membawa produk atau layanan ke pasar, pada titik harga yang memenuhi tingkat permintaan konsumen.

Perusahaan kecil dalam fase startup juga menghadapi tantangan dalam hal mendapatkan pembiayaan untuk membawa produk baru ke pasar, untuk mendanai ekspansi atau untuk membayar biaya pemasaran yang sedang berlangsung.

Untuk melindungi bisnis kecil dari rintangan pembiayaan umum, pemilik bisnis pertama-tama harus menetapkan anggaran yang realistis untuk operasi perusahaan, dan bersedia untuk menyediakan modal dari kas mereka sendiri selama fase startup atau ekspansi.

Karena pemasaran merupakan aspek penting dari setiap bisnis tahap awal, penting bagi perusahaan untuk memastikan mereka telah menetapkan anggaran yang realistis untuk kebutuhan pemasaran saat ini dan masa depan.



VIDEO (VLOG) COACH EDWIN


Jangan lewatkan menonton video dari Coach Edwin tentang Life, Spiritual dan Bisnis. Tekan tombol berikut pada video dibawah untuk memilih judul Vlog yang Anda ingin lihat.

playlist VLOG

download ebook

jadwal seminar