Cek Satu Hal Ini pada Diri Anda Sebelum Mudah Bergantung pada Orang Lain

Di sekitar kita banyak tersedia hal-hal gratis. Ya, gratis kelihatannya. Kadang kita lupa, yang gratis buat kita itu, tetap ada pihak yang membayar. Sebut saja saat mendapat makan siang gratis dari kantor, kita memang tidak bayar, tapi ada pihak yang mengeluarkan sejumlah uang.

Kalau diberi hadiah, traktiran, bonus dari kantor, atau pemberian apapun itu tidak masalah. Yang ini bukan masalah uangnya, tapi mentalitasnya. Mental gratisan memang terkesan sepele tapi bisa memberi pengaruh signifikan untuk hidup kita jangka panjang.

 

Bolehkah kita menerima gratisan?

Pertanyaannya adalah: bolehkah kita menerima gratisan? Boleh saja, tapi bukan berarti kita menikmatinya berulang-ulang. Ketika sudah terlanjur diberi suatu hal yang kita tidak perlu membayar, terima saja dan ucapkan terima kasih. Tapi alangkah baiknya kalau kita tidak meminta gratisan ke orang lain.

Sebagaimana setiap destinasi yang ada harga tiket untuk menuju ke sana, begitu juga setiap pengharapan tentunya ada harga yang harus dibayarkan. Mental gratisan kali ini dianggap dekat dengan sifat enggan membayar untuk sesuatu yang diinginkannya.

Untuk urusan sehari-hari seperti membeli makanan atau berangkat sekolah saja rasanya tidak etis kalau kebiasaan mencari yang gratis, apalagi kalau untuk urusan yang lebih besar? Katakanlah tentang cita cita. Kalau untuk hal yang lebih besar, apa jadinya kalau mau hasilnya yang notabene adalah ‘akibat’ tapi tidak siap memenuhi ‘sebab’nya?

 

Agar tidak mudah bergantung pada orang lain

Memang tidak ada salahnya memiliki banyak teman, anggota keluarga yang dapat diandalkan. Asal jangan sampai Anda terlihat memanjakan diri dan terbiasa bergantung pada orang lain.

Hati-hati dengan mental gratisan. Ketika seseorang terlalu banyak menerima jasa bantuan orang lain dalam kehidupan, padahal sebenarnya mampu melakukan sendiri, itu bisa menjadikannya mudah bergantung pada orang lain. Menjadi mandiri berarti menghindarkan diri dari  dominasi dan penguasaan orang.

Coba evaluasi diri Anda sepanjang tahun ini apakah sudah memberikan usaha maksimal pada setiap cita-cita dan harapan? Ikuti Seminar Evaluation & Success Plan For Next “Tahun Baru, Target Baru” dari iBizCoach pada tanggal 20 Desember 2018 di Novotel Solo. Informasi lengkap: hubungi 08112652244.