Peran Internet Mengungkit Daya Saing Bisnis

Sampai pada level yang tidak terbayangkan, kekuatan informasi di era digital seperti ini, internet dapat mengungkit performa bisnis Anda sedemikian rupa. Yang dilakukan orang saat mereka membutuhkan informasi tentang sesuatu, maka mereka akan mencarinya di mesin pencari seperti google.

Bahkan tidak jarang kalau google lebih ‘bisa diandalkan’ daripada teman sendiri. “Please googling before asking,” mungkin kita pun pernah mengucapkannya. Jadi bagaimana internet mengungkit daya saing bisnis Anda?

 

Memulai Langkah melalui Website

Website bagi bisnis Anda ibarat rumah bagi diri Anda. Tapi sebenarnya website ini hanya sebuah langkah kecil sebagai awalan dari serangkaian proses panjang agar brand Anda mudah ditemukan orang yang mencarinya lewat google. Kuncinya ada pada update yang konsisten. Karena untuk website yang jarang update, akan dianggap noktah yang tidak berarti di jagat raya internet.

Jangan abaikan jug isi atau kontennya. Untuk isi atau konten website tidak disukai pembaca (terlihat dari minimnya kunjungan), itu juga hanya akan dipandang remah-remah oleh mesin pencari. Ibarat sebuah toko, kemungkinan besar tidak ada yang senang bertandang jika yang Anda jual itu tak menarik bagi mereka.

 

Setelah Membangun Website Menarik, Lalu Apa?

Misalnya begini, toko online Anda sudah siap dengan isi yang bagus, tampilan yang menarik untuk dipajang, dan tak lupa program diskon, tapi yang Anda lakukan cuma menunggu pelanggan yang datang, mana mungkin berhasil? Kemungkinannya sangat kecil.  

Kali ini mari kita buat analogi seperti saat kita ingin makan di sebuah rumah makan. Apa yang Anda lihat ketika belum pernah mencicipi? Mudah saja, Anda mengambil keputusan untuk masuk atau tidak berdasarkan banyaknya orang yang berkunjung.

Begitu juga internet. Begitu juga google. Inilah saatnya media sosial ambil peran. Google akan melihat keramaian interaksi yang berlangsung di akun bisnis Anda, kemudian menilai bahwa toko online Anda memiliki performa yang bagus. Saat Anda sudah mendapatkan audiens yang setia, merekalah potensi untuk menjadi pelanggan.

Anda bisa menjaga mereka dengan konsisten membagikan konten yang bermanfaat bagi mereka. Tidak hanya jualan, tapi juga tips-tips ringan tentang bagaimana mereka mampu menjalani hidupnya dengan lebih efektif. Hubungannya apa dengan produk atau jasa yang Anda tawarkan? Tentu saja produk atau jasa Anda itu adalah solusi untuk masalah yang mereka hadapi.