sinyal Positif ketika Orang Lain Mulai Nyaman dengan Anda

 

Sejumlah penelitian telah menunjukkan bahwa antara 70 hingga 90 persen dari komunikasi yang efektif adalah komunikasi nonverbal, misalnya melalui gestur tubuh. Dengan kepekaan yang tinggi, hanya dengan memperhatikan ekspresi wajah, mereka yang bernegosiasi jadi lebih mudah membangun hubungan. Selain ekspresi wajah, gestur juga berpengaruh.

Dalam berbagai situasi, penting untuk mengetahui bagaimana kita selalu bisa mengelola kondisi pikiran dan perasaan agar siap untuk menghadapi beberapa keadaan yang mungkin kurang menyenangkan dan tak terduga. Begitu juga saat menawarkan sesuatu. Salah satu tantangan terbesar seorang salesperson adalah masalah penggunaan pilihan kata dan menunjukkan bahasa tubuh.

 

Pilihan Kata dan Intonasi Bicara

Sangatlah penting untuk menguasai ilmu bahasa tubuh. Bahasa tubuh harus dipergunakan secara selaras dengan kata-kata yang digunakan. Sebelum Anda memahami pentingnya pilihan kata, Anda bisa bayangkan saat Anda menjadi seorang pembeli yang minta informasi produk pada seorang salesperson, lalu dijawab dengan datar dan monoton. Sebagai pembeli, mungkin Anda akan menangkap pesan kalau si penjual sendiri tidak tertarik pada produk itu.

 

Respon yang Diperoleh Sesuai dengan Apa yang Diberikan

Pada saat seseorang mulai bicara dengan orang lain untuk menawarkan sesuatu, sadar atau tidak, ia akan mendapati sebuah reaksi yang unik ketika orang lain merasa nyaman. Yaitu saat berkomunikasi dengan orang yang satu frekuensi dalam pembicaraan. Sebenarnya aktivitas atau tindakan yang Anda lakukan bisa berpengaruh ke lawan bicara. Ketika Anda antusias, maka orang lain juga antusias.

Bangun hubungan sebelum bernegosiasi. Orang cenderung menanggapi tindakan orang lain dengan tindakan serupa. Penelitian dalam ilmu-ilmu sosial telah membuktikan demikian. Jika seseorang bekerjasama dan memperlakukan partnernya dengan hormat, maka partner cenderung merespons dengan baik.

 

Pahami Prinsip Mirroring

Anda mungkin sudah paham prinsip mirroring. Mirroring ini berarti ‘meniru’. Meniru di sini bisa dari gestur tubuh, gerakan-gerakan yang menjadi ciri khas pada saat dia berbicara. Ini penting supaya lawan bicara menemukan kenyamanan pada saat berinteraksi. Seperti apa senyum yang Anda tunjukkan?

Lalu isyarat seperti apa yang sering Anda lihat dari orang di depan Anda? Posisi duduk seperti apa yang Anda pilih dan apakah rekan Anda terlihat merasa nyaman? Atau Anda bisa menambah daftar pertanyaan yang lain untuk memahami lebih dalam tentang bagaimana bahasa tubuh memberi efek positif.