Apakah Anda pernah membeli suatu produk padahal Anda sebenarnya tidak terlalu membutuhkan? Oh, ini bukan kasus ketika Anda kasihan dengan penjualnya. Misalnya seperti ini, Anda sebenarnya telah memiliki produk yang sama tapi tetap ingin membeli. Dan apakah setelah membeli produk tersebut Anda berpikir ulang “Kenapa saya beli ini ya?” Coba ingat-ingat apa yang mendorong Anda membelinya?

Diskon dan ‘Harga Coret’

Entah Anda seorang penjual atau pembeli, Anda pasti paham kalau diskon itu selalu menarik. Seringnya perusahaan yang ingi meningkatkan penjualan, mereka akan menggunakan strategi potongan harga. Sudah bukan rahasia kalau masyarakat sangat suka diskon. Selain diskon, ada pula ‘harga coret’ yang menampilkan harga normal dan harga potongan. Keduanya memiliki daya tarik bagi konsumen. Ternyata harga memiliki efek psikologis tersendiri terhadap keputusan pembelian customer.

Harga Spesifik yang Memiliki Pesona

Misalnya ada produk berharga Rp. 9.990 dan Rp. 10.000. mana yang akan cenderung dibeli orang? Sebuah produk berharga Rp. 9.990, kemungkinan Anda masih percaya itu masih lebih murah dari Rp. 10.000 meskipun keduanya sebenarnya beda tipis. Kemungkinan, Anda pun pernah menjadi “korban” dari pesona harga tersebut. Ini bisa Anda terapkan ketika Anda menjadi penjual.

Jangan Asal Diskon

Anda sudah mengenal diskon, harga coret, dan trik harga yang tidak dibulatkan seperti Rp 9.990 vs Rp 10.000. Dengan ide sepert ini, perusahaan menilai bahwa produk mereka bisa terjual lebih banyak. Namun, ternyata strategi ini justru bisa membuat penurunan pendapatan, beberapa perusahaan bahkan mengalami kerugian dengan strategi potongan harga ini kalau tidak cermat.

Pastikan Anda kalau ingin mengambil langkah ini sudah melalui pertimbangan yang matang.

Salah satu cara efektif untuk melakukannya adalah dengan membuat event khusus seperti promo lebaran, tahun baru, dan sebagainya yang bisa menjadi alasan untuk memberikan diskon pada customer. Ini bisa memiliki efek yang dapat membuat customer Anda selalu menunggu hal apa yang akan ditawarkan oleh bisnis Anda selanjutnya. Hal itu pun dapat menjadi branding yang cukup bagus.

Tertarik mengembangkan skill jualan Anda dan bisa menentukan harga dengan tepat untuk menambah keuntungan bisnis Anda?

 

Ikuti seminar “Be a Great Sales” tanggal 23 Agustus 2017 di The Sunan Hotel Solo. GRATIS! Hanya untuk 50 peserta. Untuk para pengusaha, marketing & sales.