Tahun Baru Target Baru, Apakah Anda Sudah Siap

Setiap tahun berganti, apakah semuanya berjalan sama saja seperti sebelumnya? Seharusnya tidak. Ada tantangan dalam banyak hal. Karena kita semua tidak terhindarkan dari tantangan kehidupan, pastikan kita siap menghadapinya. Lalu bagaimana caranya? Lakukan perubahan-perubahan setiap harinya, meskipun sederhana, tapi memberi pengalaman baru. Coba lakukan hal-hal berikut;

 

1.Berteman dengan Orang Baru

Bertemu orang baru selalu memberi kesan tersendiri. Sebuah percakapan singkat dengan orang yang kita temui ketika menunggu antrian membeli tiket kereta bisa memberi inspirasi yang berharga. Selain mengasah skill komunikasi, interaksi dengan orang baru juga bisa menantang diri untuk cepat beradaptasi.

 

2.Membuat Target Pencapaian Kerja yang Lebih Menantang

Ketika Anda terbiasa bekerja dengan ritme standar yang sudah bisa dilakukan tanpa mikir, sekali-kali cobalah hal yang lebih sulit. Buat target yang menantang tapi jelas cara mencapainya. Adanya target-target yang jelas, orang akan lebih termotivasi dan tergerak untuk menyusun strategi demi mencapainya. Situasi seperti itu lebih bagus untuk menghindarkan rasa malas daripada sekadar mengejar sesuatu yang masih di angan-angan.

 

3.Mengikuti Kompetisi

Mengikuti kompetisi apapun pastinya menantang diri untuk mengerahkan kemampuan terbaik. Apapun jenis kompetisinya, di sana pasti memilih siapa yang menang. Tapi, alangkah lebih baik kalau tujuan mengikuti kompetisi ini bukan hanya untuk menjadi pemenang, tapi juga untuk mengukur sejauh mana kemampuan diri. Setelah tahu kemampuan diri, selanjutnya bisa evaluasi diri agar bisa lebih baik lagi.

 

4.Keluar dari Zona Nyaman: Travelling Sendirian ke Tempat Asing

Cerita-cerita tentang travelling mestinya bisa membuat kita termotivasi keluar dari zona nyaman. Melalui travelling, pastinya banyak pengalaman baru yang tidak akan terlupakan sepanjang hidup. selain bisa menemukan beragam karakter baru, aktivitas ini bisa menjadi satu cara cerdas menantang diri untuk bertumbuh.

Selain tips-tips di atas, masih banyak lagi hal-hal yang bisa dilakukan untuk menantang diri sendiri. Misalnya Anda punya trik khusus yang lebih Anda sukai, sila dicoba saja dan lihatlah hasilnya. Untuk kemajuan apapun, kita tidak pernah tahu kalau tidak mencoba.

Bersyukurlah untuk setiap tantangan yang ada di sekeliling kita karena itu memacu kita untuk terus berjuang dan menang. Tantangan itu membantu kita mengembangkan atau belajar keterampilan baru yang akan membantu untuk mengatasi masalah tertentu dan melatih sikap untuk jadi lebih bijak.

Ikuti Seminar Evaluation & Success Plan For Next “Tahun Baru, Target Baru” dari iBizCoach pada tanggal 20 Desember 2018 di Novotel Solo. Informasi lengkap: hubungi 08112652244.