4 Tips agar Tetap Tenang di Saat Menghadapi Banyak Tantangan Hidup

 

Ketika seseorang sedang berjuang untuk mencapai sesuatu, tentu ia harus melawan keadaan yang menghambatnya. Keadaan-keadaan yang menghambat itu bisa berasal dari dalam maupun luar dirinya. Yang pasti, saat seperti itu ia harus ‘memenangkannya’ dengan usaha-usaha yang diperlukan.

Sebelum melangkah ke mana-mana, tentu ia harus memulai dengan mindset yang tepat. Mindset menjadi bagian penting dalam membangun attitude seseorang. Sikap seorang pemenang (winning attitude) itu lebih penting daripada kekayaan, pendidikan, keadaan, kecerdasan, keberhasilan-keberhasilan, masa lalu, dan juga kegagalan.

 

Kenali hambatan-hambatan yang mungkin datang

Semua orang tentunya memiliki respon yang bermacam-macam untuk kejadian di sekitarnya. Dari hal-hal itu, coba kenali mana saja yang sekiranya menghambat rasa percaya diri. Sedikit saja suatu hal membuat minder. Setelah itu segera yakinkan bahwa setiap orang memiliki kelemahan, sebagaimana semua orang punya kelebihan, dan tidak perlu harus menjadi orang lain, tetapi berusahalah menjadi diri sendiri dan pahami potensi diri dan kemudian mengembangkannya.

 

Tetap menjadi diri sendiri

Dengan menjadi diri sendiri dan tentu saja tidak dibuat-buat, kita bisa merasa nyaman tanpa harus terbebani komentar dari luar. Kita juga lebih bebas dari keinginan untuk menjadi seperti orang lain. Menjadi diri sendiri kali ini termasuk mengenal kelebihan dan kekurangan diri. Ketika sudah terbiasa, kita tidak lagi ragu untuk mengembangkan potensi yang kita miliki.

 

Mempunyai perasaan positif terhadap diri sendiri

Sejauh mana seseorang mempunyai perasaan positif terhadap diri sendiri. Ini terkait dengan sejauhmana seseorAng punya sesuatu yang dirasa bernilai atau berharga dalam hidup. Self-esteem  juga terkait sejauh mana kita meyakini adanya sesuatu yang bernilai, bermartabat atau berharga di dalam diri sendiri. sejauhmana seseorang punya keyakinan terhadap kemampuan diri sendiri dan sejauh mana seseorang bisa merasakan adanya ‘kepantasan’ untuk berhasil.

 

Hati-hati dengan Pikiran

Seperti yang sudah sama-sama kita ketahui, ketika bagaimana kita berpikir tentang impian itu, seberapa yakin dan optimis, maka seperti itulah kenyataan yang mungkin terjadi kelak. Lebih spesifik lagi, ketika Anda berpikir untuk sesuatu yang besar (think big), maka alam bawah sadar akan mendorong untuk mencapai hal besar yang menjadi tujuan Anda tersebut yang bahkan melampaui kemampuan Anda biasanya.