Seberapa Efektif Video Marketing

2018 telah menjadi tahun peningkatan bagi kita. Peningkatan itu bisa terlihat, salah satunya, melalui perkembangan tren media sosial. Sejauh ini, kita telah melihat perkembangan yang signifikan dalam Augmented Reality, konten video, dan influencer marketing.

Tapi sekarang 2018 sebentar lagi selesai dan berganti tahun menuju 2019. Anda menekuni bisnis dan merambah ke dunia digital, mungkin bertanya-tanya: “Apa yang akan kita lakukan di tahun 2019?” berikut adalah beberapa tren digital marketing yang diprediksi akan berkembang di tahun 2019.

 

Chatbot yang Merebut Posisi Manusia

Apa itu chatbot? Chatbot adalah sebuah program komputer yang bisa mengambil alih komunikasi yang sebelumnya dikerjakan manusia, khususnya customer service. Pada tahun 2020, 85% interaksi layanan pelanggan akan didukung oleh robot. Beberapa bisnis besar seperti Disney dan H & M sudah menggunakan chatbot karena manfaatnya terlalu besar untuk diabaikan. Tentu saja, robot yang bisa membalas chat otomatis ini memberi efektivitas yang jauh lebih tinggi.

 

Data is Power

Karena itu akan menjadi lebih kompetitif dari sebelumnya, 2019 adalah tahun untuk membuat keputusan yang lebih cerdas dan berdasarkan informasi berdasarkan data aktual yang akurat untuk membuat keputusan. Beruntungnya, data ada di mana-mana dan lebih mudah diakses daripada sebelumnya. Ini adalah kabar baik untuk bisnis Anda.

Meskipun alat analitik baru bermunculan setiap hari, Google Analytics masih bisa diandalkan. Penting untuk mencari tahu dan menganalisis; seperti bagaimana calon klien menemukan bisnis Anda, pengalaman yang didapat pengunjung web Anda saat berada di situs Anda dan banyak lagi. Jika data adalah kekuatan, Google Analytics akan menjadi generator terbaik tahun 2019.

 

Website yang Bisa ‘Menahan’ Orang di 2-3 Detik Pertama

Mengingat hampir 90% pelanggan cenderung tidak akan kembali ke situs jika pengalaman sebelumnya mereka buruk, bisnis Anda memerlukan situs web yang eye catching pada tahun 2019. Setidaknya, mampu ‘menahan’ orang untuk membuka web itu dalam 2-3 detik pertama. Itulah yang membangun kepercayaan dan mendorong interaksi lebih. Semua elemen situs web Anda yang dioptimalkan akan memainkan peran besar dalam menentukan apakah calon klien menjadi milik Anda atau salah satu pesaing Anda.

 

Branding melalui Konten Kreatif

Semakin pesat dan komplesknya kebutuhan manusia terhadap siaran informasi, itu mendorong munculnya siaran audio melalui internet atau biasa disebut dengan podcast. Apa saja selain podcast sebagai tren digital marketing 2019? onten-konten kreatif yang sifatnya soft selling seperti video, infografis, motiongrafis, webseries, hingga comic strip bisa menjadi senjata baru untuk memperkuat brand.

Karena iklan hard selling sudah tidak berpotensi lagi untuk dilirik. Penggunaan storytelling yang efektif dengan didukung konsistensi para social media strategist juga akan tetap menjadi kunci dalam menjalankan bisnis yang kompetitif.