Setiap orang yang berprofesi di bidang sales harus benar-benar membekali diri dengan wawasan dan keterampilan tentang bagaimana cara menjual yang efektif. Untuk bisa melakukannya, salah satunya adalah melalui melakukan negosiasi dengan para pelanggan. Negosiasi ini bisa memberikan jalan untuk keberhasilan transaksi.

Negosiasi, khususnya untuk urusan harga menjadi salah satu kegiatan yang harus disiasati dengan tepat. Yang perlu diperhatikan saat negosiasi harga dengan calon pelanggan pada dasarnya adalah memiliki sikap yang baik dan bersabar pada saat-saat tertentu. Dalam tahap negosiasi, seorang salesman memang harus lebih sabar dalam menghadapi konsumen yang kemauannya macam-macam.

Negosiasi Bukan Manipulasi

Penting untuk diketahui bahwa negosiasi itu tidak sama dengan manipulasi. Cukup berikan informasi yang benar dan tidak terlalu banyak mengobral janji sampai harus melakukan manipulasi kepada calon pelanggan karena pada dasarnya keduanya sama-sama membutuhkan.

Lakukan Persiapan

Ketika Anda sudah menargetkan siapa yang ingin Anda dekati, pastikan produk Anda telah siap dipasarkan. Sebaiknya Anda mengetahui dengan jelas siapa mereka dan apa yang mereka butuhkan. Yang terpenting kendala yang mereka hadapi dan bagaimana produk Anda bisa memberikan solusi untuk mereka serta memberi nilai lebih kepada mereka.

Berikan diskon pembelian berikutnya

Bisa dibilang ini adalah cara negosiasi tidak langsung yang juga merupakan salah satu teknik membangun loyalitas pelanggan. Katakanlah di bidang jasa cuci mobil. Jika biaya cuci mobil Rp30.000, cobalah untuk menawarkan cuci gratis setelah mengumpulkan lima nota cuci mobil di tempat Anda. Ketika saatnya untuk cuci mobil berikutnya, pelanggan akan menghitung bahwa dengan lima nota, mereka tidak perlu mengeluarkan uang lagi. Dengan demikian, strategi harga ini telah berhasil membuat pelanggan mencuci mobilnya di tempat Anda sebanyak lima kali berbayar.

Hindari Negosiasi dengan Mendesak

Saat semua informasi, diskon serta keuntungan telah ditawarkan kepada klien Anda langkah selanjutnya adalah menunggu jawaban. Ketika Anda sedang mengalami kendala dengan situasi yang ada, sebaiknya untuk tidak memaksakan calon pelanggan mengambil keputusan.

Intinya tujuan negosiasi adalah agar bisa berakhir dengan hasil yang sesuai dari kedua belah pihak. Tertarik mengembangkan usaha Anda dan melakukan negosiasi yang efektif?

 

Ikuti seminar “Be a Great Sales” tanggal 23 Agustus 2017 di The Sunan Hotel Solo. GRATIS! Hanya untuk 50 peserta. Untuk para pengusaha, marketing & sales. Info lengkap hubungi 0811-265-2244.