Benarkah Bahwa Uang Tidak Bisa ‘Membeli’ Kebahagiaan?

Diposting pada

Benarkah Bahwa Uang Tidak Bisa Membeli Kebahagiaan

 

Kita semua pasti pernah mendengar bahwa ‘uang tidak bisa membeli kebahagiaan’ dan hal-hal duniawi dapat membawa perasaan gembira, walau sementara. Tetapi dalam pengalaman kita, uang juga bisa memengaruhi perasaan kita, untuk saat ini ataupun jangka panjang. Coba kita berpikir terbuka. Bagaimana kalau ternyata uang dapat membuat Anda lebih bahagia?

 

Bisa Berbagi kepada Orang Lain

Salah satu hal terbaik yang bisa kita lakukan dengan harta kita adalah memberikannya ke orang yang membutuhkan atau yang bergerak dalam kebaikan. Memberikan sebagian harta mungkin sebenarnya bisa membawa lebih banyak kebahagiaan dibanding rasa senang karena mendapatkannya. Anda harus memutuskan sendiri berapa besar pemberian itu, misalnya dengan membayar makan siang teman.

Manfaat lain dari berbagi itu adalah membangun mindset yang lebih sehat terhadap uang. Anda dapat memupuk kebiasaan memberi dan sikap berkelimpahan. Sikap berkelimpahan dan memberi dapat mencegah sikap egois dan perasaan negatif yang menyertainya.

Sayangnya, uang sering dipandang sebagai musuh kebahagiaan. Padahal kebahagiaan itu sendiri adalah keputusan pribadi yang terlepas dari pengaruh luar. Jadi, benarkah uang tidak bisa membeli kebahagiaan?

Tidak ada yang suka merasa mereka tidak bisa mengurus diri sendiri, dan uang dapat membantu Anda menghindari perasaan itu. Setelah kebutuhan dasar tercukupi, membeli sesuatu yang sedikit mewah mungkin memberi kebahagiaan tambahan, kualitas hidup pun meningkat. Tapi ini tidak perlu menjadi boros, cukup dengan menumbuhkan kepercayaan diri dan harga diri.

 

Terhindar dari Jebakan Hutang

Salah satu hal paling merusak secara pribadi yang dapat terjadi dalam kehidupan seseorang adalah terjebak dalam hutang. Kartu kredit, mobil baru, liburan, kebutuhan medis, peristiwa kehidupan yang tidak terduga, belanja, dan banyak lagi, itu semua bisa memicu hutang yang ‘melumpuhkan’. Menggunakan uang dengan bijak dapat membebaskan Anda dari hutang dan membantu Anda menciptakan masa depan keuangan yang lebih cerah.

Mungkin merupakan jalan panjang untuk keluar dari hutang, Anda dapat membantu mempertahankan motivasi dengan memikirkan seperti apa hidup Anda nantinya ketika Anda tidak berutang pada siapa pun dan Anda memiliki kendali penuh atas keuangan Anda sendiri.

 

Anda Dapat Melakukan Sesuatu yang Berarti Secara Pribadi

Ketika Anda mengingat tujuan hidup Anda yang lebih besar, akan menjadi lebih mudah untuk menunda belanja yang mungkin sebenarnya tidak perlu. Pasti Anda ingin melakukan sesuatu yang sangat berarti secara pribadi dalam hidup Anda kan? Pikirkan tujuan besar yang memberi Anda kegembiraan dan perasaan puas. Misalnya, bagaimana perasaan Anda untuk dapat membayar biaya kuliah anak-anak Anda nanti? Bagaimana perasaan Anda untuk dapat memulai organisasi nirlaba Anda sendiri? Seperti apa rasanya menciptakan bisnis Anda sendiri atau menjadikan hari jadi Anda lebih istimewa dengan beramal?

Uang memiliki kekuatan untuk membantu Anda mencapai tujuan yang dapat membawa lebih banyak makna dalam hidup Anda. Cobalah dan alihkan pola pikir Anda dari sikap materialistis ke sikap yang lebih bijak dalam memandang uang menurut value-nya.




VIDEO (VLOG) COACH EDWIN


Jangan lewatkan menonton video dari Coach Edwin tentang Life, Spiritual dan Bisnis. Tekan tombol berikut pada video dibawah untuk memilih judul Vlog yang Anda ingin lihat.

playlist VLOG

download ebook

jadwal seminar

 

Pencarian Terbaru: